November 14, 2017

Mencari Penginapan sebelum Travelling, YAY or NAY ?

Assalamualaikum
Siapa yang kalau liburan suka survey dulu tempat menginapnya? Kadang saya butuh beberapa hari bahkan minggu untuk menentukan lokasi penginapan, apalagi kalau bawa anak anak. Segala macam hasil pencarian di google langsung di klak klik klak klik buat cari review suatu penginapan. Cari yang mahal? Enggak, justru cari yang nyaman, hehe, nyaman di keluarga dan nyaman di kantong kami berdua (saya dan suami). 

Baca : PROMO HOTEL MURAH BANGET
Villa Cempaka, Magelang


Dulu saya pernah punya pengalaman kurang menyenangkan saat menginap di Magelang. Saat itu, saya sih carinya yang dekat dengan Borobudur, kebetulan suami ikut event lari disana. Saya searching penginapan via agoda, kalau ga salah masih tahun 2013 atau 2014 lah. Nah, singkat cerita ketemulah dengan harga yang cocok untuk 1 malam, karena saya benar benar cuman numpang tidur, dan review dari penginap sebelumnya rata rata bagus, dan akhirnya saya booking. Begitu sampai disana, ya Allah, ga sesuai harapan, kasur, kamar mandi ga nyaman sama sekali. Bukannya manja, tapi benar benar tidak sesuai ekspektasi, dan kalau dipikir pikir review itu datang dari para backpaker atau bahkan solo backpaker, sedangkan saya ibu dengan 1 orang anak yang masih berumur 3-4 tahun. Kamarnya remang remang, ga ada TV, kamar mandi juga remang remang, suasana kamar mirip kamar kamar jadul, dan saya ga berani deh kalau harus sendirian sama anak ketika ditinggal suami lari. Trus gimana? Ya tetep nginep lah, karena hampir semua penginapan di daerah Borobudur saat itu, sudah full dengan para runners, kalau kami pindah, terpaksa harus jauh dari lokasi start, nanti malah berabe. Berani? MAU GIMANA LAGI... tapi memang kok  Sejak itu, review di setiap situs pencari hotel benar benar saya perhatikan. Di agoda oke, tapi di booking.com ga oke, beugghh langsung cari review dari para traveller blogger. Istilahnya sibuk di awal lah, daripada nanti ga puas saat liburan, daripada nanti anak anak yang kena getahnya, hehe. 

Baca : Trip 2016 : Longweekend Getaway di Magelang 

Kalau ini diluar konteks kurang menyenangkan, cuman saat itu saya penasaran dengan teks, kalau bangun trus denger suara ombak dilaut pasti damai banget. Jadi, pas ke melipir ke Nusa Penida, saya cari yang suasananya deket dengan laut, biar bisa tidur pake suara laut, sok banget lah. Eh begitu dapat, tiap mau merem, kok ya deg deg an dengerin suara ombak. Antara berisik dan takut ada tsunami, hahaha. Ternyata, tidur ditemani deburan ombak itu ga seindah yang dibayangkan ! itu hanya ada di film sis !!! lebih baik masih bangun pagi melihat pemandangan pantai, gunung, lautan, daripada tidur dengan suara deburan ombak. Eh tapi saya masih penasaran dengan camping di pinggir pantai, dan saya tetep mau coba walaupun malamnya masih ditemani suara deburan ombak. Untungnya, anak anak tidur pules banget, berarti ini yang emaknya yang manja atau katrok ? LOL.

Baca : Budget Liburan ke Nusa Penida (Family Trip)

Ini juga di luar konteks cari penginapan, karena saat kesini saya sudah dapat jatah hotel. Saat itu,  saya menginap di hotel bintang 5 di kawasan Nusa Dua Bali, dan dalam kondisi bawa ASIP banyak banget, kurang lebih 15 kantong ASI Gabag ukuran 200ml. Sampai di resepsionis, saya bertanya apa bisa menitipkan ASIP. Dan dijawab GABISA !!! ya Allah hiks sediih banget saat itu. Salah saya juga sih, ga cari info sebelumnya tentang ketersediaan ASIP. Mau pindah hotel jelas gabisa, karena lokasi penginapan sudah ditentukan. Saya sebel dong, jaman NOW kok ga terima penitipan ASIP, ini hotelnya ga mendukung kesuksesan menyusui apa??? Saat saya tanya, jawabannya “Kan ASI itu penting bu, maka kami belum bisa menerima penitipan ASI. Takut kenapa kenapa, lagipula kan tidak bisa dicampur dalam kulkas makanan”. Saya cuman jawab OOOHHHH ... karena males debat dan sudah pengen rebahan di kasur. Padahal sebenarnya mau bilang, “Seharusnya mba, karena ini penting, ASIP bisa dititipkan. Lagipula aman kok, selama ASIP itu dibungkus rapat dan ga apek saat diminumkan. Lha kalo ga dititip dan ga beku, malah jadi cair dan ga bisa dipakai -__- “ zzzz banget.
Selain pengalaman kurang menyenangkan, saya juga (alhamdulillah) punya pengalaman yang nyenengin sih. Pernah menginap di Hotel Puri Asri, so far ini salah satu hotel yang cucok meong buat saya, haha. Fasilitas anak lengkap, bangun tidur bisa liat pemandangan gunung sumbing, dan walaupun hotel tua, semuanya TOP dari pelayanan hingga makan saat sarapan ^^. Pernah juga menginap di Green Host Jogja, kebetulan saat itu dapat voucher diskon (lumayan) dari hotel Quickly jadi bisa booking kamar, padahal lokasinya sama rumah lumayan deket, hehe. Kalau menginap disini, tempat parkirnya memang sempit, tapi sudah ada security yang bisa handle masalah parkiran,kita tinggal kasih kunci aja. Hotelnya unik, karena konsepnya eco green, jadi di  luar kamar ga pakai AC, tapi pakai Angin Cendela :D. Btw, pernah juga merasakan penginapan yang tidak menyediakan fasilitas TV, ya Allah, saya harus pinter pinter ngurus 2 anak biar ga bosan, wkwkwk, karena meski ga ada TV tetep youtube harus dibatasi. Hehehe

Baca : Review Hotel Puri Asri Magelang

Baca : [REVIEW] : Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta, Hotel Jogja dengan Konsep EcoGreen

salah satu permainan saat menginap di penginapan yang ga ada TV nya

Perkara menginap di hotel, ada sebagian orang yang bilang buang buang uang, dan ada sebagian yang berpikir ga ada salah nya kok selama ada tujuannya. Saya yang mana? Saya ya dua duanya ^^. Kalau pas lagi banyak pengeluaran trus kamu pengen tiduran di hotel, ya namanya buang buang uang. Kecuali, sebelumnya sudah ada budget yang disiapkan sebelumnya untuk liburan di hotel atau staycation ^^. Yang enak itu nginep di hotel bareng keluarga, free, dan kita dibayar, ya Allah enak banget haha. Ada? Adaaa... banyak (doakan saya bisa masuk salah satunya, hehe). 

Siap liburan ? 

kalau saya sih termasuk tipe yang YAY harus cari penginapan sebelum sampe ke lokasi. Apalagi bawa anak kecil, sudah males ribet lagi. :) 

 

Salam,

Rachma


18 comments:

  1. Yay bangeet, entah travel sendiri, sm temen2 apalagi sm keluarga...

    ReplyDelete
  2. Aku slalu baca review sblm pesen hotel mba. Prnh jg ketipu dulu, pas ga baca review orang2. Ternyata kamarnya sempit dan keras bgt kasurnya :p

    Eh tp aku jg punya pengalaman reviewny jelek, tp aku tertarik pas Liat foto kamar krn tematik, dan pas didatangin ternyata memang baguuusss :D. Jd ternyata review jelek dr orang2 itu krn hotel tsb love hotel sih :D. Tp toh aku nginep kan ga sama anak, jd ga masalah lah nginep di hotel begituan asalkan unik dan bersih aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih sampai ke love hotel, hahaa. tapi memang kalau ga bawa anak kecil lebih simpel ya mba ^^

      Delete
  3. kalau jaman sekarang kan udah gampang banget ya, mbak cari penginapan pas mau jalan-jalan. tinggal pintar-pintarnya kita aja mau pilih yang mana

    ReplyDelete
  4. kalau aku memang suka yg nyaman apalagi kamar mandi hrs bersih dan skrg bisa banyak yg nyaman dan murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo soal kamar mandi memang wajib banget ya mbaa.. kamarnya nyaman tapi kamar mandinya jorok atau minimal airnya susah, bikin bete :)

      Delete
  5. Saya type yang harus survey atua minimal baca dulu review orang sebanyak-banyaknya tentang hotel tersebut. Yang penting sih nyaman dan bersih Wangi aja. Kamar mandi ga jorok. Kalau kamar mandi jorok, udha ilfeel deh pokoknya.

    ReplyDelete
  6. Menginap bersama anak kecil memang banyak yang harus disiapkan. Aku juga kadang nginep di hotel, setahun cuma 2 atau 3 kali biasanya, saat anak2 libur sekolah. Menginap di hotel bersama keluarga itu happy banget, sekalian refreshing sejenak dari rutinitas :D

    ReplyDelete
  7. Sebaiknya memang cari info tempat nginep sebelum booking deh mbak. Ngebayangin kamar yang remang-remang seperti cerita mbak kok jadi ngerasa horor. Hiks.

    Tapi sharingnya bermanfaat banget deh. Thanks ya mbak ^^

    ReplyDelete
  8. Setuju banget mba. Apalagi kalo bawa anak. Harus cari review hotel yang cocok jauh2 hari. Harus disesuaikan dengan kebutuhan anak juga.

    ReplyDelete
  9. YAY dunk, Mba. Kan biar hati tenang, nyaman dan ga tergopoh-gopoh. Well prepared and well organized lah. :)

    ReplyDelete
  10. Yay banget. Waktu masih single pun aku selalu prepare booking penginapan sebelum berangkat. Ya daripada bingung cari dan malah dapat harga mahal

    ReplyDelete
  11. Kalau saya sih liat2 lokasinya dan gak bawa anak, maka urusan menginap gk terlalu pusing. Tapi kalau bawa keluarga trus gk kenal tempatnya maka wajib mesen duluan jg hehe

    ReplyDelete
  12. Iya dong harus cari penginapan dulu...
    Natar kalo dah sampai baru nyari2..jadi buang waktu seharusnya udah enak istirahat..eh masih sama sini cari penginapan
    ... Gak efektif dan efisien

    ReplyDelete
  13. Buatku sih, Yay dong! Eh tapi kadang tetep aja go show sih, hihi

    ReplyDelete

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah