November 27, 2017

Mendongeng Seru bersama Anak lewat SO GOOD CERDIK



SO GOOD CERDIK.
Assalamulaikum.
“ma, biawak itu hewan apa?”
“biawak itu tidak buas ya ma? Tinggal di hush hush aja”
Begitu celoteh Akta saat saya baru keluar dari kamar mandi. Haha, namanya emak emak yaa... selalu saja ada yang ngintilin dari belakang fans berats *wink*. Saya kaget, ini kenapa si kakak tiba tiba membahas tentang biawak.
“Biawak?”
“iyaa... seperti yang di chika chiko” 
 

Ahh...saya ingat, kemarin malam kami sekeluarga mampir ke superindo, dan membeli nugget SOGOOD Dinosaurus yang berhadiah serial Chika Chiko part 1. Siapa yang memilih dinosaurus? Tentu saja si kakak, si adik cuman ikut joget joget saja ketika saya iyakan keinginannya untuk beli seri dinosaurus. Sesampainya di rumah, kemasan So GOOD Dinosaurus 400 gram itu langsung dibuka, dan Akta takjub, ada si CERDIK !!! Akta memang suka sekali mengumpulkan berbagai macam yang ada kartu terutama bisa di download, tapi saya sendiri kadang membatasinya, alasannya simpel, karena kadang kartu kartu itu hanya discan saja kemudian ga ada makna apapun. Makanya, saat ada si kartu CERDIK, dia seneng banget, “ini bisa di download ya ma?” (maksudnya di scan). Saya mengangguk, dan saya janjikan nanti malam akan didownload aplikasinya, agar besok bisa dipakai.
Paginya, Akta sudah menagih janji untuk main aplikasi CERDIK. Kemudian, kami bersama sama nonton si CERDIK. Subhanallah, ini kartunya bedaa...hihi... ini si CERDIK, ada ceritanya beneran, bukan hanya sekedar kartu yang di scan trus muncul gambar, tapi ini kartu yang discan dan ada cerita sekitar 4-5 lembar di dalamnya. Duuhh bunda suka banget ^^, Akta apalagi. Biasanya cuman gambar gerak gerak yang nongol tanpa arti, tapi ini ada gambar dan suara nya bagus. Akta ulang bolak balik, pagi siang sore, kayak pola makan, wkwk. 

SO GOOD CERDIK
So Good memang CERDIK. 
Cerdik singkatan dari Cerita Digital Interaktif. Cerita Digital Interaktif maksudnya kita bisa menikmati cerita dongeng yang ada di dalam kartu cerita dan discan melalui aplikasi di handphone, dan setelah discan akan muncul respon dari handphone berupa penyajian cerita dalam bentuk gambar, suara, tulisan dan gerakan. Dari 2 cerita yang Akta punya, rata rata ada 3-4 lembar rangkaian cerita yang tertuang di dalam kartu cerita. Setiap lembarnya dilengkapi dengan suara yang menarik, dan makna cerita yang bagus. Kerennya, di dalam aplikasi SO GOOD CERDIK kita bisa pilih menonaktifkan audio, jadi kita pilih ceritanya mau pake suara kita sebagai orang tua, atau menyalakan audio agar anak bisa mendengar suara dari handphone. 

Dalam kartu cerita Chika Chiko part 1, Akta bisa tahu, bahwa untuk membuat roti telur mata sapi, dibutuhkan telor. Untuk beli telur, ga harus di warung sembako, tapi kita bisa langsung menghubungi pemilik ayam (Chiko). Hihi, anak jaman NOW banget, kalo ada apa apa belinya tinggal ke supermarket atau warung sembako :P. Selain itu, ada BIAWAK, yang suka memakan telur ayam. Nambah deh kosakata Akta yang baru, BIAWAK yang termasuk hewan reptile dan suka makan telur ayam. Ketika ada yang menganggu hewan peliharaan, kita harus berani melindungi hewan peliharaan kita, tidak perlu takut dan harus berani, karena artinya kita bertanggung jawab menjaga barang / hewan kita. Dan keesokan harinya Akta pulang bawa siput atau bekicot buat dipelihara di rumah -_- hahaha, katanya buat jadi hewan peliharaan, LOL. Dan beneran dia jaga loh,alias diabsen keberadaan si siput yang akhirnya sekarang mondar mandir di tanaman depan rumah 

Dan besoknya setelah nugget dino habis, bunda melipir ke superindo lagi beli nugget SoGOOD lagi, tapi tema pesawat, dan ngubek ngubek isinya, siapa tau bisa dapat cerita dongeng lain selain Chika Chiko, alhamdulillah dapat seri Umbo Larage tapi part 2. (Hahaha) Dalam kartu cerita Umbo Larage, Akta masih menerka nerka alur ceritanya, karena kita dapat yang part 2. Tapi alhamdulillah, alur cerita yang ga berbelit belit, membuat Akta gampang menyusun kesimpulan, kata dia si Umbo Larage ini punya ayah, dan mereka lagi belajar bela diri sebagai alat untuk melawan penjahat. Dan kalau mau dapat kekuatan berlatih, harus makan makanan yang berprotein tinggi. Hahaha. Akta langsung semangat makan protein deh 😉😉😉
Aplikasi SO GOOD CERDIK ini memang butuh space lumayan besar di hp, tapi menurut saya gak ada salahnya kok kita berkorban beberapa space untuk anak. Daripada saya save game game, lebih baik saya selipkan SO GOOD CERDIK. Karena, untuk melihat cerita ini, Akta harus saya temani, jadi saya tetap bisa dekat dengan Akta dan menonton cerita bersama sama, hehe. Posesif? Enggak, ini salah satu bentuk saya untuk menciptakan kedekatan dengan Akta ^^ agar saya tetap bisa memantau ekspresinya dan memberi tahu ini bagus atau tidak saat dia melihat cerita dari HP. Lagipula, Akta baru boleh setel SO GOOD CERDIK hari Sabtu dan Minggu saja, hehe. Trus si adik gimana? Adik tetep happy, kadang ekspresinya terkejut denger suara dari Hp, kadang juga sebel karena layarnya ketutupan badan si kakak, haha. Sabar ya dek ^^. 
 

MENDONGENG LEWAT SO GOOD CERDIK  
Siapa disini yang sejak kecil sudah suka dengan cerita dongeng? Insya allah hampir semuanya pernah dan suka yaa dengan cerita dongeng. Adanya cerita dongeng membuat kita, termasuk saya dulu kaya imajinasi, bahasan cerita dengan teman teman sebaya (haha) dan kosakata juga pasti akan bertambah.  Dan sekarang, sebagai orang tua, saya merasakan banget efek dari mendongeng, kalau dulu saya hanya membaca dongeng, sekarang gantian saya yang membacakan dongeng untuk anak anak. Sumbernya darimana? Tengok saja di tokobuku, berlimpah ruah cerita dongeng Indonesia ^^,  btw, kami sekeluarga memang suka sekali membaca buku, dan tidak hanya buku, kadang kami juga baca e-book. Dulu saya sempat memberi bacaan Akta berupa e-book cerita anak anak, anaknya suka banget. Dan dia heran, kok buku ada di laptop? Hehehe...tapi itu duluu sudah lama,sekarang sih Akta sudah gak gumunan (terheran-heran).  
http://sogood.id/
HAHA, BIAWAKNYA TAKUT

Dan sekarang malah ada buku cerita seperti CERDIK yang menggunakan kartu cerita dan tinggal discan lewat hp menggunakan tekhnologi AR atau Augmented Reality. Duuhh keren banget, bunda sampe melongo ada ya yang beginian, ah ada untungnya jadi bunda jaman NOW, sempet ngerasain kecanggihan tekhnologi. Untung jugaa ada SO GOOD CERDIK, bunda dapat bantuan untuk merangsang pertumbuhan anak anak melalui tekhnologi (yang selalu diikuti oleh anak anak jaman sekarang), seperti :


1. Pertumbuhan kosakata
2. Membantu mengajarkan nilai nilai etika
Seperti menggunakan kata TOLONG (saat Chika memesan telor), menjaga barang milik pribadi, mengagumi pribadi yang baik dari orang tua (UMBO LARAGE ingin seperti ayahnya yang bisa bela diri), berbagi kepada sesama (Saat ibu memesan sandwich untuk anak anak panti asuhan) dan masih banyak lagi.
3. Akta sebagai kakak, yang dulunya bisa main semua sendirian, sekarang harus belajar berbagi dengan adiknya ketika menonton.
4. Melatih daya ingat dan pendengaran
Selesai menonton, Akta pasti mengulangi lagi. " Ma..tadi itu siapa? Umbo siapa ya?" atau "Tadi Chika itu   pesen telur ke Chiko, tapi telurnya Chiko diambil Biawak, hii... trus bilang hus hus" 😍😍😍
5. Terakhir tapi sangat penting, bisa menjadi sarana hiburan murah untuk kami sekeluarga, alias nonton bareng, haha, eh ga ding, tapi jadi sarana hiburan yang bisa menjadi bonding untuk keluarga kami ^^

RESEP SO GOOD CERDIK
Untuk mendownload aplikasi SO GOOD CERDIK, cukup ketikkan SO GOOD CERDIK di playstore, dan setelah selesai tinggal kita pilih mau scan cerita yang mana. Atau klik di SINI. Setelah di download, bisa langsung scan kartu cerita deh, trus ternyata ada KUMPULAN RESEP juga. Banyak banget resep yang bisa bunda bunda contek *wink wink* sebagai menu makan atau camilan sehat si kecil. Aahh.. selain buat anak, ternyata aplikasi ini bermanfaat juga ya buat bunda bunda (emak hemat, LOL).😂😂😂
 
 

Semalam, kami bareng bareng menggoreng SO GOOD NUGGET yang tema pesawat, kata sikakak, dia ingin coba ikut menggoreng dan melihat pesawatnya terbang pas di goreng (pesawatnya ngambang).


😊😊😊😊😊
 
video petunjuk penggunaan SO GOOD CERDIK ada di SINI

salam
xoxo
Rachma


16 comments:

  1. Ah seru banget ya, sudah mengedukasi, tambah pinter lagi. Jd mau beli nih So GOOD yg ada serial cerdiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba :) selamat mencoba si CERDIK Mba ^^

      Delete
  2. Lucu bgdddd. Aku aja yg emak2 lagsng kesengsem sm so good cerdik. Pasti si kecil jg bakal tertarik nih. Mksh berbagi ceritanya ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita se genk! emaknya yang mupeng, hehehe

      Delete
  3. anakku minta bei lagi so goodnya heheh ketagihan ceritanya mereka

    ReplyDelete
  4. Anak saya pasti tertarik banget nih mbak.

    ReplyDelete
  5. Wah... Ponakanku harus kenal ini nih.

    ReplyDelete
  6. pas banget nih, apalagi anakku suka banget makan so good...

    ReplyDelete
  7. Aku punya yang Lala dan Singsing. Wah penasaran sama yang Chika Chiko ini jadinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andai deketan yaa, bisa tukeran, hehe...

      Delete
  8. Seru banget,anakku suka diceritakan dongeng ini loh di aplikasi So Good ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. acara mendongeng jadi lebih seru yaa :)

      Delete

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah