September 27, 2017

Budget Liburan ke Nusa Penida (Family Trip)



Assalamualaikum,

Ke nusa penida bawa anak, kira kira biaya nya berapa ya? 

Bulan Agustus kemarin, Alhamdulillah kesampaian ke Nusa Penida, YEAY. Tahun 2014 pengen ke nusa penida, tapi ragu karena bawa Akta yang masih umur 22 bulan. Eh malah kesampaian ke Nusa Penida bawa anak 2, Akta 4.5 tahun dan Kani 1 tahun. Sebelum berangkat kesana, saya sudah searching di internet mengenai harga trip di Nusa Penida. Awalnya memang saya ragu banget, bisa ga nih bawa Kani ke Nusa Penida, karena kita akan naik kapal cepat, dan dulu si kakak nangis pas naik kapal cepat. Kemudian udah kepikiran, nanti di Nusa Penida bisa cari makan gak ya buat anak anak, makanya saya masih cari kemungkinan untuk ikut trip agen travel. Trus setelah dipikir pikir, mending nginep aja sih ya, kita bisa istirahat, karena setelah naik kapal cepat pasti capek banget, apalagi suami habis lari, pasti pengennya bobo di penginapan.

Nah, trus ketemu deh harga trip, dan jatuhnya per orang kurang lebih 1 jutaan untuk 1 hari trip keliling nusa penida, sudah termasuk penjemputan, PP, makan, dan mobil selama di nusa penida. Wah lumayan juga. Mahal atau murah? Kalau kita hitungnya per orang atau trip sendiri, mungkin murah, karena selama tour, kita naik mobil. Tapi kalau kita berbarengan sama temen atau keluarga, mungkin bisa jadi mahal. Harga tersebut saya bandingkan dengan biaya yang akan dikeluarkan kami sekeluarga di Nusa Penida. Oiya, budget liburan ini hanya perkiraan berangkat dari Bali ya, bukan dari kota asal kami, Jogjakarta. Dan untuk keluarga, adalah saya, suami, dan 2 orang anak berumur 4.5 tahun dan 1 tahun.

Total biaya : 

TRIP FAMILY KE NUSA PENIDA
Tiket PP Sanur-Nusa Penida
@ Rp 150.000
(tiket untuk dewasa, Akta dan Kani tidak dikenakan biaya tiket kapal cepat)
300.000
Penginapan di Nusa Penida (termasuk sarapan)
356.000
Makan Malam di Nusa Penida
100.000
Sewa mobil untuk trip di Nusa Penida
650.000
Makan Siang saat trip (4 porsi)
150.000
Kebutuhan mendadak
100.000

1.656.000

Murah ya? Hehe.. iya, soalnya kami nginep juga bukan di penginapan yang ratenya tinggi. Pengen sih nginep di penginapan bagusan, Cuma kalau dipikirin lagi buat apa, kami cuman numpang tidur, kecuali kami stay di Nusa Penida 3D2N, kenyataannya kami cuman nginep 2D1N. Nasib pegawai, buat liburan aja mikir yaa berapa hari 😁😁😁😁, tapi semua masih harus disyukuri, bersyukur masih bisa liburan sama suami dan anak anak *wink*. Btw, penginapan murah di nusa penida banyak loh, yang rate nya dibawah 200.000 juga banyak, tapi fasilitas seadanya aja. Kemarin kami nginap di Manta Cottages, Sea View, tertariknya sih karena sea view nya itu, hahaha, tapi ternyata pas sampai penginapannya, memang beneran view nya laut , cuman kehalang sama jalan raya. 😎😎😎 Tapi beneran loh, penginapan di Nusa Penida memang susah untuk langsung turun ke lautnya, karena keadaan daerahnya yang tidak memungkinkan. Karena saat ke Crystal Bay nglewatin Coco Beach Resort (penginapan impian) itu juga ga langsung tembus laut 😊

Untuk tiket kapal cepat, rencananya saya mau beli on the spot, untuk kapal yang berangkatnya paling sore, jam 16.30 WITA. Tapi sampai hari H saya baru bisa meluncur ke Sanur jam setengah 3 sore, untungnya pemilik penginapan di Nusa Penida bisa melayani pembelian tiket PP Sanur-Nusa Penida,  harganya pun normal RP 75.000 untuk berangkat. Awalnya ditawari untuk tiket PP, tapi saya minta tiket berangkatnya aja, pulangnya mau cari sendiri. Eh karena sok tau lagi, saat perjalanan Nusa Penida-Sanur, saya juga dapat tiketnya dari driver rental mobil kami saat di Nusa Penida.  Untuk berangkat kami naik Mola Mola Ekspress, sedangkan saat pulang kami naik kapal Prasi Sentana . kapal mola mola lebih luas dan ga sempit, sedangkan kapal Prasi sempit banget, duduknya harus tegak. Kalau penumpang samping mau keluar, yang duduk di ujung juga harus keluar.


Untuk makan malam, kami makan di penginapan, rasa makanannya ga jelas banget, tapi ya habis loh. Anehnya, saat sarapan, kami makan di penginapan juga sih, tapi kok lebih enak sarapannya daripada makan malamnya, oohh yang masak beda. 😄😄 . Apalagi pancakenya, Alhamdulillah enak, saya lirik bule di sebelah, makannya pake roti sama pancake. Kami? Sudah pesen pancake, nasi goreng, omelette, eh masih bungkus pancake, wkwkwk. Btw, untuk budget makanan, kami bener bener ga membatasi sih, karena untuk urusan perut itu PENTING daripada masuk angin, dan bikin liburan bubar jalan. Tapi memang harga makanan disana, ga mahal mahal kok, standar aja untuk 1 porsi :)


Kebutuhan mendadak kami sekeluarga kemarin, saat jemputan penginapan ga datang datang karena miss komunikasi dengan pemilik penginapan, kami harus bayar uang ojek untuk 2 motor, per motor Rp 20.000,-. Murah banget 20.000, karena si abang ojek pertama menawarkan harga segitu, tapi abang ojek kedua ga mau, tapi karena terlanjur deal dengan abang pertama, mereka mau. Kami pikir penginapannya dekat, seperti di Nusa Lembongan (kemana mana dekat) cuman ternyata jauh, di Nusa Penida kemana mana memang jauh, haha. Sisanya, uang tersebut buat jajan air mineral, dan bekal untuk anak anak selama trip siang hari di Nusa Penida. 
Alhamdulillah, saat makan siang, drivernya membawa kami ke warung makan yang masakannya enak banget :) selama kami di Nusa Penida. Dan yang penting (insya allah) halal. 

Di Nusa Penida, Mobil atau Motor ?

 
Untuk transportasi selama di Nusa Penida, ada dua pilihan, motor dan mobil. Kalau motor sudah pasti lebih murah, dan lebih fleksibel kemana mana. Tapi kalau untuk kami, lebih baik naik mobil, biar anak anak bisa tidur selama perjalanan. Anak anak? Maksudnya sih dek Kani (sama bunda). Kalau kak Akta melek terus sepanjang jalan.  kami memutuskan untuk sewa mobil. Awalnya, suami pengen sewa mobil aja tanpa driver. Saya? Saya kukuh pengen bawa driver, alasan utamanya ada yang fotoin, hahaha. Suami sih tetep ga setuju, menurut dia lebih enak keluar sendiri ga ada orang lain. Akhirnya saya cari rental mobil yang lepas kunci, Alhamdulillah ga ada, wkwkwk, alasannya karena medan di Nusa Penida memang lumayan ekstrim, apalagi untuk ke destinasi wisata tertentu jalanannya curam, jelek, dan sempit. Kami sempat papas an sama pickup, dan jarak antar mobil dekeeett banget, apalagi sisi kiri pickup udah jurang, ya Allah, solawatan terus deh. 
Ini yah untuk CP drivernya di Nusa Penida (bilang aja dari Rachma) ^^ :
Pak Pring, 0813-3722-7563

Siap Liburan ?
Salam,
Rachma


2 comments:

  1. Langsunggg bookmark, makasih ceritanya makRahma. Senangnyaaaaa liburan dan dapat vitamin sea. Semoga bisa nyusul sampai ke sana yaaaaaa.

    ReplyDelete
  2. wah ga ada go car ya di sana? haha budget besar malah di rental mobilnya soalnya =)

    ReplyDelete

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah