September 11, 2017

Bayar Listrik Online Prabayar dan Pascabayar, Apa Bedanya?



Listrik merupakan salah satu kebutuhan semua orang yang harus dipenuhi di dunia yang serba modern seperti saat ini. Pasti Anda pernah membayangkan jika dunia yang dijalani tanpa listrik maka akan sangat gelap dan tidak ada hiburan menarik seperti saat ini. Belum lagi dengan semua alat elektronik yang sudah pasti tidak akan berfungsi. Meski begitu pentingnya listrik, namun masih banyak sekali masyarakat yang kurang kesadarannya ketika membayar listrik dan sering terlambat. Padahal hal ini bisa membuat kinerja PLN menjadi kurang maksimal. Untuk itu, demi memberikan Kemudahan kini sudah ada layanan bayar listrik online sehingga pengguna listrik bisa lebih simpel dalam membayar tagihannya.

Sejak beberapa tahun belakangan, pemerintah sudah mencanangkan adanya sistem bayar listrik dengan prabayar. Sistem yang satu ini dianggap mampu membantu masyarakat dalam hal penghematan pengeluarannya. Sistem prabayar ini akan menuntut pengguna untuk membeli kuota energi listrik berbentuk voucher sehingga sistemnya adalah seperti sistem ketika membeli pulsa. Sebelum digalakkannya prosedur prabayar ini, sistem di Indonesia masih dalam bentuk pascabayar dimana tagihannya adalah di akhir bulan sesuai pemakaian.

Untuk bisa mengetahui tentang kedua sistem listrik di Indonesia, maka berikut ini sedikit ulasannya:

  1. Sistem listrik pascabayar 
 Listrik pascabayar ini adalah sistem listrik yang sudah dari dulu ada dan dimanfaatkan oleh. Masyarakat dimana pengguna listrik menggunakan listrik terlebih dulu dan kemudian bisa membayar akhir bulan sesuai tagihannya. Kini bagi pengguna sistem listrik pascabayar ini sudah bisa bayar listrik online sehingga akan lebih mudah. Tetapi sistem ini kebanyakan membuat para pengguna listrik cenderung menyepelekan pembayaran dan terlambat membayar sehingga menjadikan kinerja PLN tidak maksimal lantaran kurangnya biaya. Jika sudah 3 bulan terlambat, maka listrik akan diputus sepihak oleh PLN. Selain itu, pengguna juga kerap tidak mampu mengontrol penggunaan listriknya sehingga kadang kaget melihat besaran tagihan di akhir bulan. Kelebihan yang ada pada sistem pascabayar diantaranya:
  • Listrik akan selalu tersedia tanpa batas sampai adanya tenggang waktu akhir pembayaran akhir bulan. 
  • Anda tidak perlu bolak-balik sibuk membeli voucher listrik dan hanya cukup membayar di akhir bulan ketika tagihan sudah ada. 
  • Anda bisa membayar langsung ke PLN, melalui ATM, hingga sistem online.


  1. Sistem listrik prabayar
Listrik pintar merupakan sistem yang masih cukup baru dan tidak semua masyarakat Indonesia sudah memilikinya. Listrik pintar ini adalah program dari pemerintah juga untuk membuat masyarakat lebih disiplin dalam membayar listrik. terdapat bargainer yang berbentuk digital sehingga mampu menunjukkan kode pengisian listrik serta pemakaiannya. Sistem yang digunakan mirip seperti membeli pulsa prabayar. Namun ingat, jika Anda lupa atau terlewat membeli pulsa listrik, maka listrik akan otomatis putus. Tetapi listrik pintar juga punya banyak kelebihan diantaranya: 
  • Pemakaian listriknya lebih terkendali karena Anda bisa mengontrol pemakaian dan pembelian dari mesin. 
  • Pembelian kuota listrik bisa sesuai kemampuan.
  • Jika dihitung lagi, pengguna listrik pintar akan lebih cerdas dalam menghemat penggunaan listrik hariannya.

Itulah sedikit ulasan tentang listrik prabayar dan pascabayar. Kini membayar listrik sudah lebih mudah karena tersedia layanan bayar listrik online. Anda bahkan juga bisa membayar listrik atau membeli tokennya di situs belanja online masa kini dengan harga yang hemat dan cara yang praktis. Kini sudah tidak ada alasan lagi untuk terlambat dalam membayar listrik bukan?

0 komentar:

Post a Comment

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah