September 16, 2017

Mengenal Huruf d



Kemarin, saya dan Akta sudah janjian, kita mau belajar mengenai daun. Jadi, aktivitas setelah makan malam yang biasanya bermain, saya bilang nanti waktunya belajar. Iya BELAJAR. Pelan pelan saya mau merubah pemikiran saya tentang BELAJAR itu menyeramkan, bagaimana bisa saya berkata “ayo belajar” ke anak saya yang akan berumur 5 tahun? Kalau saya sendiri takut dengan kata BELAJAR.
Aktivitas mengenai daun sendiri, terinspirasi oleh kegiatan di sekolah Akta. Jadi, setiap minggu kami para orangtua akan diberikan list aktivitas murid selama 1 minggu mulai dari hari Senin hingga Jumat. Di hari Senin, Akta dan teman temannya dikasih kegiatan untuk mencari 3 jenis daun yang berbeda bentuk dan membuat kue dari pasir J kedengarannya menyenangkan bukan? Amin semoga menyenangkan ^^
Malamnya, setelah isya, saya bilang ke Akta, yuk kita mulai belajarnya.
da un

Aktivitas

  1. Mencari 3 jenis daun yang berbeda 
  2. Merasakan tekstur daun
  3. Menjiplak daun tersebut di atas kertas
  4. Menempelkan daun di kertas menggunakan lem 
  5. Menulis huruf “d” diatas pasir (tidak dilakukan, karena Akta sudah ingin bermain sama adiknya)

Proses
Pertama saya kenalkan kata “da” dan “un”, kemudian saya minta menyebutkan huruf d a u dan n. selanjutnya saya ajak merasakan tekstur daun, saya bilang, daun ini ciptaan Allah, Allah tidak hanya menciptakan manusia, tapi juga daun, akar, bunga, dan sebagainya. Rasakan daunnya, tiap daun beda, ada yang halus, ada yang kasar, ada yang tebal dan ada yang tipis. Biasanya yang tebal, mereka cenderung kuat menahan panas matahari. Kemudian saya tunjukan tanaman gantung saya yang terkena langsung sinar matahari, adalah tanaman yang berdaun tebal, sedang yang daun tipis, kadang mereka tidak kuat sinar, jadi harus sering disiram.
“daun warnanya apa saja kak?”
“Hijauuu”
“Ada lo daun yang warna merah” pancing saya
“oya? Daun apa?”
“Banyak, salah satunya tanaman bunda yang digantung dekat pintu, itu daunnya warna merah. Hebat ya Allah, bisa bikin berbagai macam warna daun dan bentuk daun”
“Ada juga lo ma daun warna kuning” katanya
“Bener banget. Ada yang warna kuning asli, tapi juga ada yang warnanya kuning karena ga disiram, lemes belum makan dan minum”
Manfaat
1.    Mengenal Allah.
2.    Mengenal bahwa daun itu kalau diamati ga hanya 1 bentuk, tapi berbagai macam bentuk dan warna
3.    Mengenal kata da
4.    Mampu menulis huruf d di atas pasir (tidak jadi dilakukan)

Doakan saya bisa rutin mengajak si kakak belajar sambil bermain yaa. Yang mau kasih masukan, boleh bangeett ditunggu di kolom komen ^^

Salam,
Rachma

0 komentar:

Post a Comment

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah