[Mainan Anak Homemade] : Membuat Balon Tanpa Ditiup

15 Maret 2016

[Mainan Anak Homemade] : Membuat Balon Tanpa Ditiup


Pagi ini setelah mandi, saya mencoba refresh ingatan Akta saat kami membuat balon udara (begitu kami menyebut eksperimen permainan minggu kemarin).
“Kakak, bagaimana cara membuat balon udara dari botol aqua? Masih ingat gak? “
“Caranya, botol aqua dikasih air, kemudian dicampur pewarna”
Trus dikasih apa di dalam air?
“Cukaa, terus balonnya diisi ?”
“Baking powdeeerr, trus nanti balonnya jadi kayak gigi” :P kemudian Akta tertawa terpingkal pingkal sendirian, hehehe…




Minggu kemarin, saya mengajak Akta untuk melakukan eksperimen membuat balon mengembang tanpa ditiup. Bahan bahannya gampang banget, bahkan sudah saya siapkan beberapa bulan sebelumnya, hihi, cuman karena faktor MAGER, eksperimen ini ga pernah terlaksana, hingga kemarin ! yuk siapkan bahan-bahannya :

-          Botol (boleh botol plastik macam Aqua atau kaca macam UC1000)
-          Air Bening
-          Pewarna (opsional)
-          Cuka ( saya pakai cuka yang dijual di toko)
-          SODA KUE (ingat, bukan BAKING POWDER)



Caranya gampang banget ^^ 
 
1. Isi botol dengan air bening, kemudian campurkan pewarna makanan ke dalamnya


2. Setelah pewarna tercampur, campur cuka ke dalam botol. Untuk seberapa banyak, dikira kira saja, tapi ada salah satu sumber menyebutkan cukanya lebih banyak lebih baik. 

3. Masukan soda kue ke dalam balon dengan menggunakan bantuan sendok, corong, atau orang ketiga :P 

4. Kemudian, pasang balon yang sudah diisi baking powder di mulut botol, dan jatuhkan baking powder ke dalam botol seperti gambar di bawah ini 


5. Nantinya, air dalam botol akan berbuih seperti soda dan menghasilkan gas yang bisa membantu balon mengembang :) 

Percobaan pertama, GAGAL..haha, karena saya menggunakan baking powder, bukan SODA KUE. Saat aplikasi, balonnya tidak bisa mengembang dengan sempurna, malah (karena bentuk balon nya LOVE / hati) jadi kayak GIGI. 


Dan ternyata, baking powder dan soda kue itu 2 hal yang berbeda ya, hahaha (menertawakan kebodohan sendiri) #emakmacamapaini. Awalnya saya kukuh, bener kok baking powder, tapi setelah saya tanya ke temen, kata dia kayaknya pake soda kue, bukan baking powder. Malamnya, saya cuss ke supermarket, beli cuka #lagi dan (kali ini) beli SODA KUE. 

Saat dikasir, si mbak nya Tanya “Bu, baking powder dan soda kue itu beda ya?”. Hahaha, ternyata saya tidak sendirian, bukan hanya saya yang tidak mengerti bedanya baking powder dan soda kue (bangga yang salah tempat).
“waduh, saya juga ga tahu mba”
“lha ibu ini  mau buat apa?”
“buat mainan, hehehee” 

Di rumah saya memang ada tepung, pewarna, baking powder, tapi itu semua buat mainan Akta sejak kecil, bukan buat kue, soalnya di rumah belum ada mixer sama oven (edisi cari kambing hitam). 

Sesampainya di rumah, kami langsung coba aja, ga pake nyiapin kursi dsb, karena udah kebelet pengen nyoba si soda kue ini, daaan BERHASIL, HOREEEE. Enggak cuman anaknya yang heboh, EMAKNYA juga enggak kalah heboh, hihi 


Nb : Maaf kualitas foto agak burem :D karena terbatas personil, cuman sempet bikin video aja

Dicoba yuuk :D pasti seruu

Tunggu IDE PERMAINAN ANAK yang lain, dari CUKA yah :) 

Salam
xoxo
Rachma


12 komentar :

  1. waa.. save ahhh, buat bekal besok kalau udah have a kids.. makasih sharingnya, bun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mbaa :) ditunggu kelahiran anaknya :P

      Hapus
    2. ditunggu undangan dengan pangeran berkuda dulu yaaa hihi :P

      Hapus
  2. waaahh, kereeen, pengen juga coba bikin bareng Fathan, ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiikk.. ditunggu ceritanya mba :)

      Hapus
  3. anak-anak saya juga pernah coba dan mereka seneng banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ya mba :) mainnya gampang, anak anak juga suka ^^

      Hapus
  4. saya juga baru tau kalo ternyata soda kue dan baking powder itu beda, hahaha :D

    coba buat di rumah ah, anak saya pasti suka nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, samaan yaa mba :D #toss

      selamat mencoba yaa

      Hapus
  5. Anak-anak pasti excited deh kalo diajak fun sains kayak gini :D

    Salam,
    Aci

    BalasHapus
  6. Bahannya gampang ya, mau nyoba ah :). Aku selalu punya stok baking soda, buat bersihin kompor gas soalnya

    BalasHapus

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^