Borobudur kemarin ; Review Pondok Tingal

29 Mei 2013

Borobudur kemarin ; Review Pondok Tingal


Seperti yang kita tahu, 25 Mei 2013 adalah hari Waisak. Jadi, sudah tahu ya kalo alternatif tempat liburan pertama yang dikunjungi orang banyak adalah Borobudur. Alasannya sudah jelas, kalo saat Waisak, Borobudur akan buka sampai malam dan nanti penghujung acara Waisak akan ada penerbangan lampion.

Berdasar wacana itulah, mas mengajak saya dan Akta untuk melewatkan liburan di Borobudur. Berbekal cerita dari pak google dan kawan-kawan, saya segera menyiapkan seluruh keperluan dari akomodasi perjalanan hingga penginapan *ceileh...*. Dari pak google kami diberitahu bahwa saat Waisak seringkali akan turun hujan gerimis sehingga harus membawa jas hujan serta payung. Kemudian, juga diberitahu untuk tetap menghormati seluruh prosesi waisak dari awal hingga akhir. Segera setelah semua perlengkapan sudah di list, saya mencari penginapan di Magelang melalui  www.agoda.com ; www.tripadvisor.com ; dan www.yogyes.com. 

Mencari hotel di saat liburan nasional ternyata ga gampang...hehe... hotel bintang 5 sampai yang murah rata-rata sudah dipesan. Budget yang kami siapkan juga ga banyak, karena rencana awal kami akan berangkat ber 4, saya, suami, Akta, dan emak (pengasuh Akta). Jadi cari nya rate penginapan yang standar karena akan pesan 2 kamar. Nah..disela sela pencarian hotel, saya menemukan artikel mengenai Puntuk Setumbu (bukit yang biasa dijadikan tempat melihat sunrise dengan background Borobudur, indah banget pokoknya).

Berdasarkan artikel tersebut, saya memutuskan untuk melakukan pencarian di pak google dengan kunci "menginap mau ke Puntuk Setumbu" hoho..alhamdulillah dapat 1 artikel yang menjelaskan bahwa mereka menginap di Pondok Tingal. Lokasi nya pun dekat dengan Borobudur. Segera saya menuju web pondok tingal di www.pondoktingal.com , setelah lihat view, harga, serta lokasinya, saya putuskan untuk menginap disana ^^ dan alhamdulillah saat telepon ke penginapan masih sisa 2 kamar, dan segera saya booking.
H-2  keberangkatan, si emak ternyata kukuh gak mau ikutan, hehe (tau gitu nginep di penginepan lain yah, xixi)

Nah, karena kemarin saya agak kesulitan mencari review hotel yang pas, maka dari itu di postingan ini, saya mencoba sedikit berbagi ya tentang pondok tingal. Semoga membantu para traveller cari lokasi penginapan di Magelang yang lokasinya cukup dekat dengan borobudur.

Back to topic...
Pagi harinya kami bertiga berangkat, dan jalanan menuju Borobudur banyak yang ditutup karena masih digunakan sebagai prosesi Waisak. Cari alternatif lain menuju penginapan di Maps juga belum ada...akhirnya kami muter muter jalan raya -_-. Sekitar jam 3 jalan kembali dibuka dan langsung cuuuss ke pondok tingal,

Pondok Tingal, memiliki kamar yang cukup banyak (eke ga ngitung yah), restaurant, galeri lukisan, kadang ada pertunjukan seni saat ada acara besar seperti Waisak, toko souvenir, coffe shop dan masih ada beberapa yang lainnya. Tarif yang ditawarkan beragam dari 150 ribuan sampai 500 ribu ke atas. Biasanya yang harga 150 ribu untuk para backpaker, dan 500 ribu untuk kamar family/VIP. Untuk fasilitas saat menginap, harga yang ditawarkan di luar makan pagi, tapi tidak usah khawatir, karena di sekitar penginapan banyak rumah makan, lagipula dekat dengan candi Borobudur semakin memudahkan untuk mencari swalayan/warung/restoran.
Saat masuk, kita sudah disambut dengan suasana pedesaan, ruang kamarnya sendiri dibuat dari bilik bambu, ranjang kasur juga dari bambu tapi kuat, pintu yang digunakan juga bambu. Maka jangan salah saat malam udaranya cukup sejuk (bukan dingin), karena saat itu walaupun di kamar ada AC saya tidak menggunakannya.
Lokasi penginapan dengan Borobudur cukup dekat, 500 meter, bahkan saat acara Waisak kemarin banyak pengunjung yang berjalan kaki (termasuk saya) dari penginapan ke Borobudur. Untuk ke Putuk Setumbu jaraknya sekitar 5 km.
Penginapan ini cocok untuk wisatawan yang bermalam hanya 1malam/2 malam atau hanya untuk tempat singgah dan gak minta yang aneh aneh. Maksudnya? yang ga minta bath-up kamar mandi, TV, maupun layanan hotel. hehehe... yup bener, di kamar nya tidak ada TV. Dan saya baru ngeh saat masuk ke kamarnya, dan bilang ke mas "kemarin aku ambil kamar apa ya..serius nih ga ada TV??? " hehehe...
Untuk kamar yang ada TVnya sepertinya ada di pondok yang satunya (tanya ke penginapan ya)
At least, saya cukup puas, cukup loh ya...xixi..dengan penginapan ini, lumayan dapat tempat untuk singgah setelah beberapa jam di Borobudur ^^ dan besok paginya kami bisa menyewa sepeda persis di samping  Pondok Tingal.


lokasi penginapan, di tengah tengah ada area terbuka yang cukup sejuk



restaurant




di Galeri lukisan ("Bundaa...untung Bunda gak ompong kayak di gambar yaaa")

salam,
xoxo
-rachma-


0 comments :

Posting Komentar

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^