My Pregnancy Journal : Hasil Lab saat week 10 (tes TORCH)

14 Mei 2012

My Pregnancy Journal : Hasil Lab saat week 10 (tes TORCH)


Hello World…

Setelah disaranin oleh ibu dokter buat ambil tes lab, berangkatlah aku ke RS JIH (Jogja International Hospital) dengan keadaan lapar (ihiiikkk). Begitu sampai rumah sakit langsung masuk ke laboratoriumnya dan menyerahkan kertas periksa dari dokter Enny.

“oo…suruh cek glukosa juga yah mba.. berarti sekarang mbak nya saya kasih larutan gula 50 gr yang telah kami takar, dan mbak nya menunggu satu jam kemudian untuk tes urine”

“oo…iya mba… Trus makan nya kapan mba? Boleh makan gak?”

“waah jangan dulu mba, nanti setelah minum air gula, mba belum boleh makan apapun selama 1 jam selain  minum air putih”

“ *huhuhuhuh* iya mba…saya balik kesini jam 9 ya mba…”

“yaah,,,jam 9 lebih lah mba” kata susternya.



Jam 09.00 *di jam tangan saya*

Langsung masuk keruangan laboratorium “Mba…sudah jam 9 ya…saya mau tes urine” kataku…

Si suster liat jam dinding “Belum jam 9 mba…ditunggu ya”

“tapi di jam tanganku sudah jam 9..jangan lama-lama ya mba sudah laper nih”

Hoho….gak behave sih yaa tingkah laku kayak gitu. Tapi sudah sebodo amat mau kayak gimana, perut sudah nahan laapar dari jam 7 pagi, dan gak bisa makan sampe jam 9 lebih L dibilang norak atau dikasih senyum sinis sama susternya pun sudah siap aku terima. Sumpah deh, hak untuk makan pagi adalah hak asasi manusia *kumat gak nyambung*

Untungnya si suster dengan senyum ramahnya *suer ramah, gak sinis* bilang “sabar ya mba…hehehehe”

------------------------------------SKIP SAMPE HASIL LAB -------------------------------------

Hasil lab sudah di tangan, dengan hati tenang aku buka hasilnya…

Leukosit, trombosit, hemoglobin semuanya bagus…

Golongan darah B rhesus + beres…

Tokso negative…

Rubella IGg positif

Rubella IGm negative

Kaget banget liat hasilnya ada yang positif. Maklum saya bukan orang kesehatan tapi saya orang sehat *abaikan*, jadi saya gak tau apa itu IGg dan IGm yang ada di hasil tes rubella ini. Perasaan ini udah campur aduk aja…bingung…ini hasil tesnya cara bacanya gimana…. Semua suster yang ada aku tanyain mereka gak berani jawab soalnya takut salah (iya sih bukan bagian mereka) akhirnya saya dialihkan ke petugas lab *yang berbeda dengan saat saya melakukan tes*

“mas..ini hasilnya cara bacanya gimana?”

“lebih baik Tanya dokter aja mba biar enak jawabnya”

“tapi…saya pengen tau ini kok ada yang positifnya…”

“oo..ini rubellanya positif mba”

“bahaya gak?”

“yaaa…bahaya siih…”

Aku sudah deg deg an aja bawaannya… “ trus ini kok rubella ada yang positif sama negative?”

“mbak…mending ditanyain aja sama dokternya..jujur saya kurang paham”

Hiks..dengan langkah gontai dan perasaan campur aduk saya keluar dari rumah sakit…sepanjang perjalanan sudah lemees aja bawaanya pengen nangis…yang tadinya lapar sudah gak lapar lagi tapi pada akhirnya tetep dipaksain makan biar adeknya gak kelaparan….

Suami sudah telpon, bbm buat nanyain kabar hasil test lab… gak pengen cerita, tapi bukan Rachma namanya kalo gak suka cerita sama suami *hehehe* sambil nahan nangis di tempat makan bilang “ini hasilnya ada yang positif…yang rubella”

“apa bun? Ella ella?”

“bukaaan…rubella”

“apa sih…ayah gak denger”

“aarrgghh gak tau ah…udah udah aku mau makan. Assalamualaikum”

Tuttt…. Bb dimatiin, hp dimatiin…

Bukannya mau nutup telepon sih…tapi udah gak tahan ngomong rubella kenceng kenceng di rumah makan sambil nahan nangis, hehe…untung suami paham setelah di sms dan bilang “udah gak papa, besok langsung ke dokter ya…langsung cek hasil lab-nya…udah udah…semua baik-baik aja”  hiikksss…baca sms malah pengen nangis….

Sampe kantor, langsung buka Mozilla dan browsing “rubella pada ibu hamil” …

Artikel pertama…malah bikin tambah kuatir,,, artikel kedua… malah bikin pengen nutup Mozilla… artikel ketiga Alhamdulillah dapet jawaban yang menenangkan hati…hehe

--- Jika anti-Rubella IgG saja yang positif, berarti Anda pernah terinfeksi dan antibodi yang terdapat dalam tubuh Anda dapat melindungi dari serangan virus Rubella. Bila Anda hamil, bayi Anda pun akan terhindar dari Sindroma Rubella Kongenital.---

Alhamdulillah… hehehe

Jadi artinya adalah… apabila anda melakukan tes lab Rubella saat hamil dan hasil IGg anda positif, itu adalah hasil yang menunjukkan bahwa sebelum hamil anda telah terkena virus dan antibody anda kuat sehingga saat IGm nya negative maka bayi anda juga ikut terproteksi antibody milik anda dari serangan rubella

Hehehe,,,

Alhamdulillah yaaa



Salam,

Rachma

xoxo
artikel tersebut bisa dilihat di SINI

0 comments :

Posting Komentar

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^