September 12, 2017

Percantik Blog dengan Aplikasi Canva



Assalamualaikum 

Horey !!! Akhirnya header blog saya berubah !

Untuk sebagian orang, termasuk saya, header blog pakai foto sendiri itu menyenangkan (atau narsis ya, wkwk), dari kemarin sudah bingung pengen ganti header blog pakai foto yang mana, karena sebelumnya masih foto bertiga dengan suami dan kakak. Efek dari ganti header blog, jadi pengen ganti template juga! Dan andalannya masih template gratisan, pengen yang bagusan dikit, tapi kok bayar ya, LOL. Akhirnya seharian kemarin ublek ublek template gratisan sambil edit widget di blog, dan akhirnyaaa saya bertemu dengan si Canva !!!

Kudet banget bundaaa, baru bisa optimalisasi Canva ! sebenarnya sudah sejak lama tahu tentang canva, tapi masih suka pake pake alat edit yang lain, karena canva kadang loadingnya tergantung sinyal internet. Nah karena kemarin, Alhamdulillah sinyal internet lagi bagus, iseng buka www.canva.com, dan takjub banget karena makin banyak layout yang bisa kita buat disana. Dan kepikiran, mungkin aja blogger-blogger kalau numpang bikin graphic disini juga ya. Header blog yang baru ini bikinnya juga di Canva loh. 

Gampang banget kalau mau buat header blog, postingan bergambar, ataupun signature di Canva, caranya :
  1. Masuk ke www.canva.com, kemudian bikin akun atau cukup login menggunakan Google plus atau facebook.
  2. Kemudian nanti klik create a design, dan akan muncul berbagai macam pilihan design yang akan dibuat. Untuk header blog, awalnya saya pakai ukuran Blog Tittle, tapi ternyata ukurannya kekecilan buat dipasang di blog, untungnya saya nemu kode CSS buat ngrapiin header blog yang kekecilan, biar geser ke tengah gitu, hehe. Nah karena kekecilan, saya bikin lagi pakai format Facebook Cover. 
  3. Untuk upload gambar, bisa klik tanda Upload, dan pilih gambar yang mau dijadikan background. Tapi kalau kamu kurang berminat pakai foto sendiri, bisa pakai layout yang ditawarkan oleh canva. Btw layout layout nya bagus banget kok ^, ^ , tapi ada yang free dan ada yang berbayar. Saya tentu saja coba yang free dulu, heheee..karena pakai free pun sudah bagus.
  4. Di Canva, juga tersedia icon, template, edit text, dan sebagainya. Yang belum ada sih, crop yang akan dijadikan “shape” , misalnya dari persegi mau dijadikan lingkaran, dsb. Eh tapi kalau ternyata ada tolong dikoreksi yaa, saya juga pemula ^^
 
klik create design yang ada di pojok kiri atas warna hijau, dan nanti silahkan pilih design yang disukai seperti gambar diatas


contoh layout yang tersedia. ada yang FREE dan berbayar. Mau yang mana?

 
desain awal yang pakai Blog Tittle tapi malah kekecilan



Dari header blog, saya malah ketagihan bikin About Me pakai Canva. Kalau dulu masih manual pakai kode html yang copy paste dari tulisan draft, kali ini saya bikin di Canva, dan memang lebih rapih. Selain itu, saya juga bikin logo logo kecil buat yang cari diskonan/reward dari penginapan ^^. Dan kayaknya saya jadi ketagihan edit edit dikit pake Canva, kayaknya buat persiapan ultah anak anak, kalau bikin graphic atau desain goodiebag bisa disini, hihi.




Sekian blogpostnya yaa.. semoga informasi yang kecil ini bisa membantu para pembaca :)

Salam,
Xoxo
Rachma

8 comments:

  1. Aku juga suka pake canva tapi belum pernah bikin header blog jadi pengen nyoba juga

    ReplyDelete
  2. Waaaaa mau dicoba jugaaa, makasih makRahma, iya nii header blogku jg masih jadul hahahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadul gitu, yang penting DA lancar ya manda, wkwkwk

      Delete
  3. waaah..editin tampilan blog saya dooonk

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa sih yang ga buat mas :) . nanti ta editin lokasi kerjanya juga boleh, haha

      Delete
  4. Duh godaan sih ini mah. Aku kalau edit2 blog bisa lupa waktu. Kerjaan rumah bisa ga kepegang huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuul, kalo otak atik template emang makan waktu dan nagihin sampe nemu yang pas, hehe

      Delete

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah