January 26, 2017

Ecowash, Teman Cuci Baju yang Ajaib

Assalamualaikum

Alhamdulillah, sejak lahirnya dek Kani, saya kembali berkutat di dunia cuci popok bekas ompol dan pup bayi. Kadang dalam sehari, bisa beberapa kali gosok popok dan celana yang kena pup, awrrr… ibu ibu udah pada tau kan, kalo pup bayi yang nempel di celana itu susah banget ngilanginnya. Kadang saya pake deterjen cair, atau sabun colek sampe beberapa kali agar noda nya benar benar hilang. Tapi kadang juga kalau sudah capek banget, saya terima apa adanya, trus nanti saat di jemuran kena inspeksi mama, wkwkwkw, dan dikomen “Ini kenapa kok nyucinya ga bersih??? Cuci ulang !!!” 

Huff…syapek maamm… 

Jadi, dulu 2.5 bulan pertama Kani lahir, saya ngungsi di rumah orangtua di Malang, beberapa orang bilang, enak yaaa kalau abis lahiran balik ke rumah orang tua, tinggal duduk manis aja di rumah, :P :P :P. hellow, siapa bilang ??? Saya dari balik RS, beberapa hari setelahnya tiap pagi dan sore pasti sudah nangkring di tempat cucian, buat nyuci baju baju dek Kani, kemudian siangnya juga masih nemenin kakak main, belum sorenya masih harus antar kakak ke Andalusia buat berkegiatan. Hehehe… jadi pulang ke rumah orang tua, bukan malah jadi manja manjaan, tapi malah jadi makin disiplin :D. 

Nah, sejak sering mencuci popok Kani yang full dengan deterjen, saya jadi sempat kepikiran, apa deterjennya ga nempel ke baju ya? Apalagi kalo pake sabun colek, kadang buat tangan yang sensitive aja bisa bikin kulit pecah pecah, jadi kadang mikir juga apa kandungan sabun colek ini masih nempel di popok dek Kani. 

Alhamdulillah, sejak balik Jogja, saya memutuskan mengganti popok kain Kani migrasi ke clodi. Clodi yang saya pakai juga clodi lungsuran si kakak, hihi. Tujuan  kenapa pakai clodi, juga agar tidak terlalu banyak cucian, juga biar hemat ga perlu beli popok sekali pakai terlalu banyak. Walaupun begitu, tetap saja, aktivitas mencuci tetap berlangsung 2x, yang pertama nyuci baju pake deterjen biasa plus pewangi, trus yang kedua nyuci clodi dek Kani aja (karena memang harus dipisah). Untuk mencuci clodi, juga harus pake deterjen clodi tersendiri, dan kebetulan Alhamdulillah yang ngerjakan si mbak di rumah, cuman saya juga ngecek hasilnya, hehe. Kadang kalo bau insert clodi masih ada deterjennya, saya cuci ulang semuanya (haha, kerja dua kali). Sampai akhirnya saya ketemu dengan ecowash laundry ball dari internet. Awalnya, saya tau dari tempat langganan yang jual clodi, kalau ada produk yang bisa memisahkan deterjen agar tidak nempel di hasil cucian, dan bisa digunakan sampai 1000 kali :D. huwaaa 1000 kali atau setara 1-3 tahun !!! 

Pengalaman Pertama Nyuci pakai Ecowash Laundry Ball

Saat itu saya bilang sama mbak di rumah, kalau sudah selesai cuci clodi, langsung gabungin saja ompol kani (yang sudah dibilas) dengan clodi di 1 mesin cuci. “Ga perlu dikasih deterjen sama pewangi ya mba” kata saya. Setelah mesin cuci selesai, saya langsung cium bau baju baju dek Kani, karena takut bau apek gegara ga pakai deterjen, eh tapi enggak loh, baunya seger. Bukan seger wangi (karena memang ga pakai wangi) tapi seger ga ada bau ompol yang nempel di kain baju. 

Besoknya, saat weekend, saya cuci sendiri baju baju dek Kani dan clodinya. Awalnya, saya pisah baju dan insert insert clodi di dua ember. Untuk baju dek Kani saya rendam bersama ecowash laundry ball plus deterjen (mau pakai deterjen atau tidak, opsional yah). Sambil merendam, saya buang noda noda yang ada di insert clodi, dan setelahnya saya masukkan semua cucian ke dalam mesin cuci sekalian bolanya. Nah, untuk mesin cuci di rumah, saya menggunakan yang bukaan depan, jadi yang langsung cuci kering dari awal hingga akhir. 

Awalnya, saya ragu memasukan ecowash laundry ball ke mesin cuci, karena saya takut batu keramiknya merusak lapisan di mesin cuci, tapi setelah tanya ke ownernya, dia bilang selama ini juga pakai mesin cuci aman kok. Karena, butiran batu keramiknya ada di dalam cangkang yang kuat jadi tidak akan merusak mesin. GREAT ! Selain itu, bekas air dari ecowash laundry ball diklaim tidak meninggalkan residu berbahaya kedalam ekosistem air sehingga mencegah pencemaran limbah pemukiman karena penggunaan deterjen.

Penampakan Ecowash Laundry Ball
Saat paketannya datang, saya sengaja ga langsung buka, karena nanti Akta pasti penasaran dan dibuat mainan, hihi. Tapi kata dia pas pegang paketannya “Mamaa, ini pasti mainan buat kakak ya? Kok ada bunyi bunyinya” :P :P . Ah, bunda jadi penasaran juga ini bentuknya begimana, begitu dibuka, ternyata memang mirip mainan :D malah kata Akta “ini mainan bolaku” hahaha. 

Jadi bentuk ecowash ini memang seperti “BALL”, ya seperti bola, tapi bola ajaib, haha. Bagian luarnya, yang biasanya disebut cangkang, seperti terbuat seperti dari plastik, tapi mungkin bukan plastik juga ya, sebab cangkang ini sangat tebal, dan diklaim mampu resisten terhadap suhu panas hingga 95 derajat celcius.
Di dalam cangkang, ada butiran berwarna coklat, putih, dan abu abu, masing-masing warna juga memiliki kegunaan tersendiri. Ada yang berfungsi sebagai butiran alkali, far-infrared, anti mikroba, dan juga butiran penghilang klorin. Berikut gambar lengkapnya



Gambar diambil dari  SINI

Eh ada bonusnya STAIN REMOVER STICK 
Saat buka paketan ecowash laundry ball, ternyata di dalamnya ada stain remover stick nya, kayaknya sih gratisan deh, horee !!! setelah dibaca, ternyata stain remover ini membantu kita untuk menghilangkan noda yang menempel di baju seperti: tinta, tanah, permen karet, minyak, kopi, keringat, jus buah, kosmetik, darah, saus, baby stain, dan lain-lain. 

Saat dibuka, baunya seger banget, dan padat lembek, jadi kalo makenya ga dihemat ya boros, hahaha. Tapi karena barang ini bantu banget untuk menghilangkan noda, jadi ga akan rugi kalo punya ^^. Kemarin, saya coba juga di baju Akta warna kuning yang kena noda makanan :P. Caranya, baju Akta saya basahi dulu, kemudian tempat nodanya saya oleskan stain remover stick, dan dibiarkan beberapa menit. Setelah itu langsung saya masukan ke dalam mesin cuci (yang juga ga dikasih deterjen), hanya ecowash laundry ball dan baju. Dan taraaaaaaaa bersih loh :D 








Kenapa harus Menggunakan Ecowash Laundry Ball ?
Sebagai seorang ibu, yang juga berperan jadi menteri kesehatan, keuangan, dan sebagai sebagainya, saya memang agak concern kalau sudah menyangkut kesehatan yang natural atau alami plus hemat :D hihi. Sejak punya anak, saya sudah memilih akan memberikan ASI, selain memang alami untuk anak, ASI juga hemat di dunia perkantongan, juga saya memilih clodi karena tentu saja lebih hemat disbanding popok sekali pakai (tapi saya bukan anti pospak). Nah sekarang tentang Ecowash Laundry Ball, harga beli ecowash Rp 150.000,- dan bisa dipakai kuranglebih 1-3 tahun atau 1000 kali cuci . Harga deterjen aja yang 2 kg sudah lebih dari Rp 20.000,- . Sebulan sudah berapa coba, apalagi setahun :D . 


Selain hemat, Ecowash Laundry Ball juga tidak merusak lingkungan karena kandungan di dalamnya tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, bahkan air bekas cucian menggunakan ecowash aman untuk ekosistem, karena TIDAK menyuburkan. Loh kok tidak menyuburkan justru bagus? Iyaa, karena jika menyuburkan tanaman,  maka bisa menyebabkan bloom alga yang pada akhirnya membuat sungai jadi hitam dan berbau busuk. Selain itu, kadang ada juga beberapa orang atau anak yang kulitnya sensitive dengan deterjen, jadi apabila pencucian menggunakan ecowash laundry ball (ecoball), insya allah aman. Nah, kalo misal kurang sreg karena saat mencuci kok ga ada busanya, maka saat mencuci gunakan deterjen dan tetap pakai ecowash laundry ball untuk menghilangkan deterjen yang menempel di pakaian.  

Mau beli Ecoball bisa dimana ya ?
Kemarin sempat konsultasi lewat dunia maya sama owner ecoball, ternyata sudah cukup banyak laundry ball seperti ecowash laundry ball ini, dan sayangnya laundry ball ini mengklaim mereka seperti ecowash. Dan harga yang dipatok juga lebih murah, nah disini nih peran ibu ibu seperti kita. Harga boleh murah tapi kualitas harus tetep oke, untuk Ecoball dari Ecowash ini, harganya kurang lebih dibandrol Rp 150.000 dan memiliki garansi 1 tahun (untuk cangkang) dengan menyimpan kardus, dan struk pembelian. Untuk lokasi pembelian ecowash bisa ke SINI ya. Nah untuk bungkus ECOWASH yang ASLI bisa seperti di gambar bawah ini : 



Ecowash Makes Laundry Fun Now !!!

18 comments:

  1. Jadi kalo nyuci baju tinggal masukin laundry ball-nya ke mesin cuci gitu ya? Waa.. keren juga yaaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, tinggal dimasukin aja, hehe. Beberapa orang kalo sudah selesai pakai diangin-anginkan sih bola nya. Tapi kalo aku tetep ngendon di mesin cuci aja ^^

      Delete
  2. ini serius ya mbak bisa bersih banget? aku mau beli dari dulu, cuma ragu kenapa bisa bola begini buat nyuci hwehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di baju yang aku fotoin itu memang bersih mba :D . Tapi yang terpenting bisa mengurangi deterjen yang menempel di baju hihi.
      Saat pembelian, nanti di box nya diajarkan cara untuk membersihkan noda. Insya allah kalau ikut tipsnya bisa bersih kok ^^

      Delete
  3. saia baru tau ada produk gini, kayaknya bisa dicoba ni :D

    ReplyDelete
  4. Pengen nyoba, tapi masih gak pede hahahaha...

    ReplyDelete
  5. Waaahh..irit dan aman sepertinya yaaa...itu abis dicuci pakai ecoball tetep dibilas kaya pake deterjen juga kah?

    ReplyDelete
  6. Wah baru tau ada produk ky gini. Ini serius bisa bersih bajunya?wangi enggak mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau wangi bisa tambah pewangi mak, aman kok

      Delete
  7. Ecowash ball ini, aku pernah ditawari temanku dr Banyuwangi. Katanya asyik nyuci pakai ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik memang mba, kalau memang berniat ngurangin deterjen ^^

      Delete
  8. Ecowash disini ada mbak..harganya jauh lebih mahal dari harga yang biasa. Wajarlah ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah mba.. di luar negeri yang macam ecoball gini sudah banyak, hehe. Wajar juga sih kalau mahal :D

      Delete
  9. Hmm, jadi pengen punya deh kalo bisa sebersih itu :3

    Salam,
    Gianta

    ReplyDelete

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah