Trip 2014 : Tour Gunung Merapi

15 September 2015

Trip 2014 : Tour Gunung Merapi



Gunung Merapi, Sleman Yogyakarta, adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Saat saya tiba di Jogja tahun 2011, gunung ini sedang ada dalam “masanya”. Setiap pergi ke kantor, pasti akan menggunakan masker dan payung :) karena abu vulkaniknya masih deras. Tidak hanya abu vulkanik yang terasa, tapi kadang gempa juga bias terjadi kapan saja. Saya yang saat itu masih baru merasakan gempa dan abu gunung berapi sudah pasti lumayan ketar ketir. Di kost, saya sudah siap 1 tas yang isinya baju dan perlengkapan penting lainnya, haha, buat jaga jaga kalo ada gempa nanti langsung lari keluar, LOL.

Bulan Agustus tahun 2014 lalu, saya dan keluarga memutuskan untuk liburan ke Gunung Merapi, sekalian mampir ke rumah saya (kebetulan baru pindah) mumpung masih ada libur lebaran, dan anak anak itu (Red : adik-adik saya) masih punya banyak pesangon lebaran, haha. Si mama sumbang usul minta semua kembaran bajunya, hehe, manuutt mamah J lihat deh gaya kita pas mau berangkat. Abaikan isi rumah yang kosong melompong, hehe, kebetulan banget saat itu cat di rumah juga warna biru, kalo sekarang (ehm) sudah warna warni :D

Perjalanan menuju kaliurang (lokasi gunung Merapi) dipandu oleh GPS, saya sendiri yang sudah 3 tahun di Jogja juga ga tau jalan menuju kesana, wkwkwk… dulu pas awal awal lumayan sering ikut tusbung kesini, tapi kan saya duduk manis (tidur) di mobil, hehehe…

GPS nya cukup akurat, walaupun nyasar ke jalan pintas, wkwkwk, tapi Alhamdulillah kita menemukan agen yang menawarkan jasa tour merapi yang masih ready hari itu. Karena musim lebaran, pasti banyak wisatawan yang liburan juga disana. Nego harga pun dimulai, walaupun gabisa, haha, karena sudah fix. Selanjutnya nego kendaraan, karena jeep di Merapi ini terbuka, hanya bisa diisi 4 orang (5 orang termasuk supir), sedangkan keluarga saya ada 8 orang termasuk Akta. Ya kalo dibagi 2 mobil rasanya kurang seru. Alhamdulillahnya setelah dicari cari ada 1 jeep besar yang bisa muat kita semua (horee). Saat ikut tur merapi ini, kami ambil paketan yang tengah-tengah, saya lupa namanya, yang pasti kita pergi ke musium sisa hartaku, bunker, dan batu alien. Sebenarnya ada paketan di atas ini, tapi waktunya sekitar 4-5 jam, karena bawa anak kecil takutnya nanti crangky kalo lama lama :)



Asiik naik jeep






Seru loh ikutan tour merapi ini, jeep terbuka yang kita naiki berasa petualangan beneran! Apalagi kalo medan jalannya naik turun, wuaaa berasa off road, adik adik saya yang heboh mau berdiri di mobil, kalo saya sama mama, duduk manis aja sambil nutupin muka yang kena debu, haha. Oh iya, kalo yang bawa anak kecil (buat orang dewasa juga sih), jangan lupa bawa masker dan kacamata, . Alhamdulillah saat itu supir kami punya persediaan masker berlebih, jadi bisa buat Akta (walaupun dilepas). Bagi cewek cewek, yang ga mau kulitnya gosong pake sunblock ber SPF tinggi juga boleh, tapi yang namanya liburan, makin hitam pasti deh, hehe, apalagi yang jilbapan, belang belang deh tuh muka, seruu ! (meringis)
MACET :D











Destinasi pertama, kita pergi ke museum sisa hartaku. Disana ditunjukkan bagaimana lahar gunung merapi tahun 2006 kemarin menghabisi permukiman tersebut, ada barang barang yang memang dikumpulkan di museum sisa hartaku untuk menjadi saksi bisu keganasan gunung merapi. Surprise sekali buat saya, barang barang disana bisa berubah bentuk karena saking panasnya lahar :( merinding saat itu melihat barang barang disana.











Dari museum, kita pergi ke bunker gunung merapi. Bunker ini dibuat untuk melindungi petugas agar tidak terkena lahar letusan gunung. tapi, apabila Allah sudah berkehendak, maka tidak ada yang bisa menentangnya. Lahar api bisa masuk ke bunker sebelum pintu ditutup rapat, jadi beberapa orang di dalamnya terkena lahar tersebut, hiks ngeri… Saya ga mau lama lama disana, jadi langsung balik ke atas.

Dari bunker, kita menuju ke atas, tempat menikmati pemandangan di sekitar merapi, ga heran ada beberapa pasangan yang sedang pre wedding, dan pra wedding seperti saya dan suami (ehm). Alhamdulillah kami dapat tour guide yang komunikatif, ga perlu dimintain tolong buat fotoin, dia sudah inisiatif buat ambil foto kami semua. Tapi ya gitu, pake kamera DSLR suami, hasilnya pecah, hahaha,,, dan kami baru sadar setelah foto foto itu ditransfer ke laptop. Padahal abang guide nya sudah ngarahin gaya begini begitu dengan semangat, wkwkwk. Eh tapi ada 1 foto yang bagus, foto saya dan suami (ehm, lagi!!!) yang ngasih arahan gaya ya dari mas guidenya itu. Judul fotonya mungkin “jangan macam macam sama istri” (lalu sungkem sama suami, biar ga kualat, hehe). 





tahun 2014 heboh banget pose begini, hehe


Dari lokasi bunker kami menuju ke lokasi batu alien, medan jalannya TOP, kalo ga bawa anak kecil, mungkin jeep kami sudah lompat lompat kayak jeep orang sebelah (maklum, rumput tetangga rajin dikasih pupuk, jadi hijau, hihi). Si mas guide pun menawarkan diri lagi untuk membantu kami berfoto disana, Alhamdulillah kali ini bagus kok hasilnya, hehehe. Akta pun senang main di sini, soalnya banyak batunya (horeee).









mau beli batu pak?


ROMANTIS




GIFT


Nah, sesampainya di batu alien, jam sudah menunjukkan nyaris pukul 12 siang. Matahari udah panas panasnya!!! Dan Akta sudah mulai lapar, bekal camilan juga mulai berkurang, wkwkw, akhirnya beli siomay di tempat batu alien, hehe. Alhamdulillah di merapi banyak pedagang makanan kaki lima nya ^^. Eh kenapa namanya batu alien ya? Karena batu tersebut memiliki wajah seperti monyet. Sayangnya saya dan yang lain tidak mengambil foto batu ini, karena cukup padatnya pengunjung, lagipula panas, kami buru buru pindah ke bawah pohon. 
 
Opaaa Opaaa !!! yang bantuin gendong dan pangku Akta selama perjalanan :D


Batu Alien, yang mirip kepala monyet




oalah mas,,, panas panas kok yo dulen ae
  



alhamdulillah kelar liburannya :) karena besok keluarga udah balik ke Malang, hehe... cuman semalam aja x_x. Insya allah lain kali kemari lagi yaa semuanyaa




ketauan SELFI :P
Salam,
xoxo
Rachma

2 komentar :

  1. ini kamera apa makkk cakepp banget bening bening gambarnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamera pocket canon sama DSLR Nikon mak :D

      Hapus

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^