7 Kegiatan Seru yang HARUS kamu Lakukan di Pantai Sadranan, Gunung Kidul, Yogyakarta

14 Mei 2016

7 Kegiatan Seru yang HARUS kamu Lakukan di Pantai Sadranan, Gunung Kidul, Yogyakarta


Awal bulan kemarin, tiba tiba suami mendapat wangsit dari my trip my adventure, hihi, bagaimana tidak? Baru saja duduk di sampingnya, suami langsung berkata “bunda, ayo ke pantai sekarang, abis ini berangkat yah” hahaha, saya jawab dengan takjub, serius nih mau berangkat sekarang?? Tapi daripada nanti ga jadi, saya putuskan segera menyiapkan segala peralatan untuk pergi ke pantai. Saat sudah di mobil, suami bertanya lagi “kita mau pergi ke pantai mana bunda?” (tuh kan kumat lagi, hihi, padahal doi yang ngajak)



Singkat cerita, saya langsung merekomendasikan untuk ke pantai Sadranan di daerah Gunung Kidul. Pantai Sadranan adalah pantai yang ada di sepanjang deretan Gunung KIdul, mudahnya telusuri saja lokasi pantai Ngrenehan, Ngobaran, dkk, nanti luruuus saja akan menemukan petunjuk ke Pantai Sadranan, tapi kalau tidak mau ambil pusing, langsung saja keluarkan google maps kamu dan set tujuan Pantai Sadranan, BERES. Bagi yang belum tahu, pantai sadranan adalah pantai di Yogyakarta yang bisa dijadikan tempat snorkeling, darisanalah saya penasaran, seperti apa lokasinya, apakah seperti di Karimun Jawa? 
baca perjalanan kami di Karimun Jawa DISINI
Sampai di lokasi, suami iseng bertanya pada salah satu pemilik warung disana, tentang asal nama sadranan. Katanya, sadranan berasal dari kata 'nyadran' yaitu ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta lautan atas rezeki yang telah mereka dapatkan berupa hasil tangkapan laut yang melimpah. Biasanya ritual ini dilaksanakan di waktu waktu tertentu, cuman saya lupa tepatnya, hehe. 

Nah, kalau kamu sudah sampai pantai Sadranan, jangan lewatkan 7 kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Sadranan,
1. Snorkeling
Snorkeling adalah daya tarik utama yang ditawarkan di Pantai Sadranan. Bahkan, di sepanjang pantai Sadranan banyak agen yang menyewakan pelampung, alat pernapasan, dan juga kamera underwater. Dan Akta juga sempat ikut menyelam (ala anak anak), pake pelampung untuk anak anak, jadi kami bisa tenang mengajaknya hingga ke tengah pantai.
Harganya terjangkau kok, saya sewa baju pelampung untuk suami dan Akta, sudah dapat 2 baju pelampung, 1 alat pernapasan, dan 1 kaki katak (karena untuk dewasa) Rp 50.000




 
2. Menangkap Ikan
Karena terumbu karang yang rendah, bahkan di pinggir pantai pun juga ada terumbu karang, kamu bisa menangkap ikan ikan kecil menggunakan jaring. Tapi ingat, kalau sudah ditangkap, akan lebih baik lagi dikembalikan, biar mereka hidup di lingkungan aslinya. Ya kan?
kalo ini main batu batu di pantai
3. Bermain layang layang
Kemarin sih, kami sekeluarga belum bermain layang-layang, tapi ada loh penjual layang layang disana, dan karena kondisi angin yang baik, bermain layang layang pasti asik ^^
4.Camping di pinggir pantai
Beberapa pantai di Gunung Kidul, bisa kok dijadikan alternative untuk camping bersama teman dan keluarga. Fasilitas disana juga lengkap, ada toilet, air bersih, warung makan, mushola, dan kamar mandi. 
5. Bermain pasir
Tekstur pasir yang berwarna putih di pantai Sadranan, sebenarnya merupakan salah satu daya tarik dari pantai ini. Apalagi buat yang tiap hari bekerja, berjalan jalan di pantai yang pasirnya putih, langit biru, dan melihat pemandangan di sekitar, pastilah menjadi salah satu liburan yang diimpikan

 
 



6. Menginap di Penginapan pinggir pantai
Bagi kamu yang tidak suka camping, di pantai Sadranan juga banyak didirikan penginapan di sekitarnya, tinggal pilih salah satu, dan nikmati menginap di penginapan pinggir pantai ^^. Memang belum seperti di Anyer yang hotelnya kece kece, tapi justru inilah daya tarik wisata di Jogjakarta ^^. Untuk informasi penginapan, kamu bisa langsung ke tempat penyewaan baju pelampung, rata rata mereka punya info penginapan, atau saat di pintu masuk sudah berjejer penginapan di Sadranan, tinggal pilih saja ^^

7. Berfoto
Ini PENTING, hahaha. Jangan seperti saya, yang kemarin kemari tanpa membawa action camera maupun pelindung (plastic) hp di bawah air, jadinya tidak ada foto foto keren suami maupun akta saat menyelam. Tidak ada foto foto ikan kecil maupun terumbu karang yang kami abadikan, hehe.


 


Sayangnya keindahan pantai Sadranan ini sudah mulai hampir pudar. Keindahan terumbu karang yang bisa kita saksikan dari pinggir pantai pun sudah banyak yang rusak. Makanya kemarin saat kesana, suami sudah wanti wanti untuk hati hati melangkah karena kalau asal jalan, nanti kena terumbu karangnya. Jadi, selamat liburan ke pantai Sadranan yaa, dan ingat kalo BAWA SAMPAH, SAMPAHNYA DITARUH DI KANTONG, DAN BUANG KE TEMPAT SAMPAH, JANGAN BUANG SEMBARANGAN. 


Informasi
Pantai Sadranan
Alamat: Jl. Sadranan, Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia




10 komentar :

  1. Sekarang pantai-pantai di Gunungkidul udah semakin rame ya mbak. Saya terakhir ke Sadranan saat masih sepi dan belum dibuka buat snorkeling. Itupun cuma numpang lewat gara-gara suka susur pantai dan camping bareng kawan-kawan. Jadi pengen main ke Sadranan lagi euy.

    Btw ini kunjungan perdana. Salam kenal, mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Elisa, makanya kalau mantai jangan pas long weekend yah, hehe

      salam kenal juga :)

      Hapus
  2. Pantai sadranan ini mirip pantai kukup ya mba.. Air di pinggir pantai nya gak dalam, jadi bisa main main di dalam air juga.. Tapi di pantai kukup banyak yang jual buah sarikaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya malah sepertinya belum ke kukup mba. Main kesana ah lain kali, kebetulan suami suka sarikaya ^^

      Hapus
  3. Aku blm pnah ke sadranaaan. Banyak bgt sih pantai di GK hehe. Kapan2 ke sini aaah..baru tau bs kecipak keipuk snorkelingan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, iya mak kachan :D bisa bawa anak untuk main air ^^

      Hapus
  4. Pantainya bersih, sukaaaa. Makasih sharingnya, bisa jadi referensi saya nih.
    Btw penginapan, sewanya berkisar berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin tanya ke salah satu persewaan alat menyelam, kisaran Rp 300.000 mak :)

      Hapus
  5. sayang karangnya banyak yang rusak, harusnya kalo dipantai yang dangkal dan banyak karangnya, pengunjung dilarang berdiri menginjak karang, wajib pakai life-jacket sehingga bisa mengapung dan tidak menginjak karang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, setuju :) semoga besok makin baik lagi yaa, trus kita camping :D

      Hapus

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^