June 17, 2015

Resep : Nugget Ayam Homemade

Sejak punya anak, skill memasak makin tinggi. Tingginya segimanah? Naik 2 cm aja kayaknya, huehehehe. Minimal jadi tau caranya bikin bakso sama nugget homemade aja sudah lumayan. Sudah hapal bumbu soto aja udah kece (menurut saya, apalagi suami), hihi. Nah, buat persiapan Ramadhan ini, sudah ancang ancang mau bikin nugget ayam homemade. Kalo mau enak, pengennya sih beli aja yang merk Bellfoods itu sudah enak. Tapi kata suami, “bikin aja bunda, yang kemarin itu enak kok”. Kalo dibilang begitu kan rasanya jleb jleb banget yah :D *jleb kegirangan*. 

Dulu rajin cari resep homemade pas MPASI Akta. hehehe, dan belum diupdate sampai sekarang :D . Resep nugget ayam homemade, kalo cari di google memang banyak banget, sampe bingung mau yang mana. Kadang karena terlalu bingung malah ga bikin bikin (pengalaman), tapi beberapa bulan kemarin, saat posyandu di perumahan, ada tetangga yang sumbang nugget, dan menurut saya ENAK. Setelah ditanyain resepnya, loh kok gampang banget, hihi, ga ribet kayak sumber” di google (kayaknya sih yang bikin ribet, saya sendiri, soalnya yang lain bisa bisa juga kok). 


Bahan adonan
-          ¼ daging ayam fillet.
-          Susu cair secukupnya.
-          3 lembar roti tawar.

Bahan bumbu
-          Bawang putih 2 siung (bisa dikira kira aja besarnya), diulek bersama merica dan garam.

Bahan lapisan luar
-          Tepung roti.
-          1 butir telur dikocok.

Cara membuat :

  1. Rendam roti tawar dengan susu cair. Dikira kira aja takaran susu cairnya, jangan terlalu banyak karena nanti adonannya malah cair. Dan jangan terlalu sedikit karena nanti rotinya bisa tidak terendam sepenuhnya.
  2. Blender daging fillet ayam hingga lembut. 
  3. Campur roti tawar yang telah direndam dengan fillet ayam yang telah diblender hingga rata (langsung aduk aduk aja)
  4. Setelah itu, langsung taruh di cetakan (kalau tidak punya, bisa pakai aluminium foil untuk bungkusnya) dan kukus sekitar 10-15 menit. 
  5. Setelah dikukus, potong nugget kukus sesuai selera dan celupkan di kocokan telur, kemudian ambil, dan lapisi dengan tepung panir.
  6. Kalau mau langsung di goreng bisa, atau kalau mau disimpan di dalam kulkas juga bisa.
Berikut gambar step by stepnya untuk poin 4-6. Semoga membantu yaa.. maafkan yang foto belum ada jiwa fotografi, jadi jepret” aja :)


 
Cat. Saya belum pernah menyimpan hingga 1 bulan, paling lama 2 minggu. Jadi ada nugget yang saya letakkan di kulkas bawah untuk yang siap goreng, dan di kulkas atas yang akan digoreng minggu depan. 

Btw, 


  • Di foto ini kenapa bahan nugget ga ada foto bawang putih? Karena oh karenaaa saya lupa ngulek bawang putih, wkwk, Alhamdulillah rasanya masih enak, ketutup garam dan lada bubuk. Ga begitu hambar, apalagi kalo makannya sama saus sambal, hm… yummy :D dan yang penting orang rumah masih doyan :D
  • Susu cair, yang ada di foto adalah susu bubuk, karena kemarin memang di rumah ga ada susu cair. Jadi pake susu bubuk cream kemudian dikasih air (tanpa gula). Tapi, memang masih lebih enak pakai susu cari UHT FULL CREAM :D


    Selamat mencobaaa

    Salam,
    Rachma
    xoxo

12 comments:

  1. wuuuahhh kyknya emg gampang :D... coba ah bikin ini...

    ReplyDelete
  2. ayoo mba fanny, gampang bangeett ini, dulu awal awal sih aku juga ngerasanya sulit banget, hihi

    ReplyDelete
  3. Kayaknya sih gampang bikinnya yaa.. Tapi, kayake lebih enak langsung nyamperin kerumahnya ajah kalau pas bikin nugget, biar saingan sama Akta.. wkwk.. *tatannya nggak mau kalah*

    ReplyDelete
  4. wkwkwk..boleeh mbaa, kalo bikin lagi yaa..wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Nah... ini makanan kesukaan Ida. Makasih resepnya Mak Rachma, ntar nyoba deh. :)

    ReplyDelete
  6. hiks.. pengen bisa makan dan bikin nuget sendiri sayangnya perutnya ga bisa dimakani susu dan roti tawar.. huaaaa

    ReplyDelete
  7. Mba Ida : Sip mbaa,, bagi bagi ya nanti, hehe

    Mba Agustinadian : yaah..kenapa mba? alergi?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Emang lebih sehat buat makanan sendiri ketimbang beli jadi. Lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya. Tanpa msg dan pengawet. Jadi ga khawatir kalo anak menyantapnya
    Tfs untuk resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba !

      sama sama mbaa, kabarin yaa kalo udah bikin ^^

      Delete
  10. Nyontek resepnya ya :)
    Memang enak bikin nugget sendiri ya, selain lebih murah terjamin juga kebersihan dan kesehatannya.

    ReplyDelete
  11. benerr mba Indah ^^,
    monggo mbaa dicopas resepnya, hihi

    ReplyDelete

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah