May 23, 2022

Sebelum Ajak Anak Anak Travelling, siapkan Briefing dulu Bun !

Assalamualaikum

Alhamdulillah akhirnya terealisasi keinginan untuk bawa anak anak liburan ke Karimun Jawa bulan November 2021 kemarin. Kenapa sih kok pengen ajak anak anak kesana? Yaa sebenarnya hasrat ibu bapaknya aja sih pengen jalan jalan, haha, eh tapi nggak ding, anak anak juga pengen bisa lihat ikan asli di bawah laut. Jadi, syarat pertama untuk mereka adalah : harus ambil kelas renang dulu sebelum ke Karimun Jawa. Walaupun sebenarnya di Karimun Jawa kita akan terjun ke laut via snorkeling yang pasti dilengkapi dengan pelampung, tapi akan lebih tenang kalau anak anak sudah ada basic renang setidaknya bisa mengurangi rasa takut dalam air. Lah bunda emang bisa renang? BELUM dong, wkwkwk.

Salah satu hal yang harus disiapkan ketika membawa anak travelling terutama jarak jauh adalah memberikan briefing untuk anak anak. Contoh kasusnya misal ketika saya ajak anak anak ke Karimun Jawa yah. Satu bulan sebelumnya, saya infokan ke mereka bahwa kita akan pergi ke Karimun Jawa, karena kalian sudah bisa renang (minimal sudah enjoy di dalam kolam renang). Reaksi mereka? Satu sisi super happy, di sisi lain deg deg an “Ada hiu megalodon ga maaa?”

Briefing Liburan ke Anak Anak

Apa aja briefingnya? Bunda bagi per poin yaah, semoga membantu bunda bunda lain yang mau travelling bareng anak.

1. Ceritakan tentang daerah yang akan kalian kunjungi.

Bunda ceritakan bahwa Karimun Jawa lokasinya ada di luar kota Jogja. Nah, otomatis perjalanannya akan lama. “Seperti ke Malang atau Mojokerto?” kata anak anak. Betul ! Lamaa banget, jadi bisa tidur di jalan. Jadi please kalau baru sampe Candi Prambanan, terus nanya “Udah sampe belum?” Hahaha.

Di Karimun Jawa nanti kita akan banyak aktivitas di air, bisa lihat ikan nemo (ikan badut), main di pantai, naik kapal, jalan jalan di hutan mangrove, dsb. Trus bunda tunjukan juga beberapa video di youtube tentang kondisi bawah laut.

adek Kani super enjoy menikmati pemandangan bawah laut


2. Ceritakan tentang transportasi yang akan kalian naiki.

Perjalanan ke Karimun Jawa memang cukup jauh. Dari Jogja kami naik kendaraan pribadi hingga pelabuhan Kartini, Jepara. Ini masih dilanjut dengan perjalanan naik kapal feri express kurang lebih 2 jam atau 4.5 jam via kapal siginjai.

Kami tunjukkan foto kapal nya dan bercerita di dalam kapal nanti keadaannya seperti apa. Selain itu kami ingatkan juga untuk tidak boleh berlarian di dalam kapal, dan kalau misalnya bosan bisa pergi keluar kapal bersama ayah. Kemudian diinfo juga nanti di jalan menuju pelabuhan Jepara, kita gabisa berhenti terlalu banyak, karena kita mengejar jadwal kapal, jangan sampai ketinggalan kapal karena jadinya malah tidak berangkat.

Alhamdulillah bisa tidur di kapal karena bunda salah pilih kelas wkwk

Di karimun jawa transportnya apa? Sepeda motor. Kami sewa 1 sepeda motor untuk kami berempat, yaah Alhamdulillah masih muat yaah ehehehe. Alhamdulillah kalau sudah dibriefing begini apapun transportnya anak anak siap.

3. Buat kesepakatan mengenai perjalanan besok.

Salah satu kesepakatan yang menurut saya penting selama travelling adalah tidak pilih pilih makanan. Saya dan suami bukan jenis orang tua yang “karena lagi jalan jalan, jadi bebas makan apa aja”, pikiran saya adalah karena kita lagi travelling, please jaga asupan makanan karena kita harus sehat biar jalan jalannya bisa happy.  Saya bilang ke anak anak “Kita jauh dari rumah, kita lagi jalan jalan, jadi ga pilih makanan yaah. Kalau waktunya makan, bunda dan ayah akan carikan tempat makan yang bersih dan enak”. Dan dijawab bunda “Boleh indomie atau popmie?” hehehe “Boleh, tapi akan ada saatnya. Tidak boleh setiap hari makan itu aja”

makan seafood di pasar Karimun Jawa


Kesepakatan yang lain antara lain :

1. Karena masih pandemic COVID 19 yang mau ikut ke Karimun Jawa siap siap buat tes PCR yak, haha. Anak anak auto bingung harus gimana deh, hehe.

TES PCR untuk kelulusan syarat naik kapal


2. Karena perjalanan kita ada di bulan November, dan kita belum beli tiket penyebarangannya, apabila nanti hujan atau cuaca buruk, maka kita cancel ke Karimun Jawa, hehe. Nanti kita ganti liburan di Jepara.

3. Mobil kita tuh ga besar, pas untuk 4 orang, jadi kalau misal ngantuk di mobil dan mau tidur, please guys jangan berebut tempat. Yuk bisa yuk untuk berbagi tempat untuk tidur, bisa kok tidur sambil duduk. Minta tolong pengertiannya ya gengs

Nanti kalau naik HIACE tidurnya juga duduk, jadi belajar aja dari sekarang, wkwk


4. Nah, selama travelling kemarin situasi sekolah masih SFH dan ada tugas, maka setiap malam, si kakak masih akan ada tanggungan tugas sekolah , harus mau ngerjakan ya kakkk, kwkwkw. Alhamdulillahnya adalah sekolah kakak ga terlalu banyak tugas, jadi selama liburan kemarin masih bisa santai.

Pentingnya apa sih kasih briefing ke anak sebelum travelling? Gini loh bun, ini tuh sepenting kamu packing untuk perjalananmu. kalau ga kamu siapin bener bener, nanti malah ga enjoy di jalan hehe. Entah dengerin anak protes kok makanannya ini sih, atau kok kotor sih kapalnya, kok lama banget sih ga sampai sampai, atau mereka shock kok di laut lama banget ga pulang pulang ke hotel buat youtube an, hehehe.

Happy vacation bun ❤❤❤❤ !

13 comments:

  1. seruuuu bgt traveling bareng anak yak

    ngasih pengalaman dan memory yg luar biasa.

    terekam hingga dewasa

    ReplyDelete
  2. Daku pernah begitu ke keponakan pas mau bepergian, ngasih tahu bahwa transportasi nya itu begini..begitu...
    Dan ternyata itu hal yang oke ya buat dirinya

    ReplyDelete
  3. Setuju banget sih ini. Kalau bepergian jauh harus ada persiapan fisik maupun mental. Anak-anak pasti pengertian kok asal dikondisikan sebelumnya

    ReplyDelete
  4. seru banget liburannya... keren banget adek udah bisa diving mantapp.. liburan ke alam memang selalu punya cerita seru yaa

    ReplyDelete
  5. Kalau anak sudah dapat gambaran umum tentang travelling yang mau dilakukan, mereka juga antusias selama perjalanan. Kita ortu jadi senang melihat mereka bersemangat melihat hal-hal baru yg ditemui.

    ReplyDelete
  6. Impian saya banget tuh, ke Karimun Jawa
    saya setuju, anak-anak tuh bukan orang dewasa dalam ukuran kecil
    Sehingga harus diajak bicara dalam hal apapun
    Agar bisa tumbuh kembang dengan optimal

    ReplyDelete
  7. Seru banget traveling bareng anak. Tapi aku masih ragu kalau mau ajak anak bungsuku liburan bertiga saja sama kakaknya, takut rewel gitu trus nggak ada bala bantuan, hihihii. Soalnya si bungsu agak rewel, beda sama kakaknya dulu.

    ReplyDelete
  8. Saya pun selalu kasih briefing kalau mau berkegiatan sama anak-anak mbak. Terbukti meminimalisir kejadian tak menyenangkan di lokasi tujuan, misalnya tiba-tiba anak ngajak pulang aja, atau merengek ngajak belok ke tujuan lain

    ReplyDelete
  9. Sepakat Mbak. Terutama untuk urusan makan. Justru selama traveling tuh kita harus jaga asupan. Harus yang bergizi agar kita tetap sehat selama dalam perjalanan. Hindari dulu makanan yang pedas dan terlalu berbumbu supaya lambung kita aman dan damai.

    ReplyDelete
  10. Oh pasti
    Aku setiap ajak anak travelling selalu kasih briefing
    Ini bisa meminimalisasi terjadinya drama dalam perjalanan
    Haha

    ReplyDelete
  11. Betul, nih briefing penting banget. Saya pun kalau travelling sudah kasih briwef, sekaligus kasih insight tempat-tempat yang akan di tujua, ada apa di sana. Setidaknya jadi pengingat, saat penat di perjalanan kita recall apa yang diceritakan

    ReplyDelete
  12. Traveling bareng anak emang kudu ekstra sabar nih pendamping orang dewasanya...jadi pas banget wajib briefing dulu sebelum traveling biar anak bisa tau yg do and don't

    ReplyDelete
  13. Mauuu..
    Pengen banget ke Karimun Jawa.
    Rasanya semua bisa berjalan lancar, travelling bareng keluarga begini jadi momen tak terlupakan ya.. Apalagi persiapannya jauh-jauh hari banget nih.. Kereen~

    ReplyDelete

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah