March 6, 2022

Omicron Menyapa dan Sudah Pergi 😊

 Assalamualaikum

Alhamdulillah, akhirnya kami sekeluarga kena jatah virus corona versi omicron minggu ketiga di bulan Februari. Hari Sabtu, seperti biasa suami masih berangkat sepedaan sendirian trus lanjut meeting online. Saya? Kebagian antar Kani untuk aktivitas gymnastic, dan sore anter Akta sepatu roda. Siang hari, kondisi suami tiba tiba lemas, tidak demam (sudah cek suhu pakai thermometer), tidak batuk. Sorenya pas saya lagi anter Akta sepatu roda, suami whatsapp kalau dirinya mau ambil tes PCR aja, dan berujung saya booking pendaftaran di Hilab Jogja untuk sore jam 17.00.

Sepulang dari lab, suami langsung isolasi di kamar Akta, sedangkan kami bertiga plus rewang di rumah ya beraktivitas seperti biasa. Malamnya, saat anak anak sudah tidur, dan rumah sudah rapi, bunda kepikiran pengen me time nonton Ghost Doctor. Belum 30 menit nonton, sekitar jam 10 malam suami bangun dan sudah pakai masker, bilang, “bun, aku positif”😊

Saya nyengir aja, trus minta dia istirahat, dan kemudian matiin TV bersiap menghadapi kenyataan esok pagi. Duduk di Kasur, bersiap tidur, tapi kenyataannya saya gabisa tidur sampai besok pagi. Hahaha, kepikiran harus kayak apa dirumah bareng anak anak.

Besok paginya saya whatsapp bude di kamar sebelah, ngabarin kalau suami positif dan minta bude untuk tes antigen. Kalau positif, saya suruh balik rumah Jogja, kalau negative saya suruh pulang rumah. Alhamdulillah bude kooperatif, setidaknya bersedia untuk tes, jadi kalau ada hasilnya, saya jadi tenang. Dan kami berdua sih optimis kalau bude negative, karena bude tidak kontak erat. Kontak erat dalam artian berada dalam jarak 1 meter selama 15 menit, karena bude orangnya lebih suka di kamar kalau ga ada kerjaan, jarang ngobrol sama suami, ngobrolnya lebih sering sama saya. Sedangkan hari Sabtu kemarin, saya fix dari pagi sampai sore ga di rumah alias ngider anter anak anak. Justru yang kontak erat itu saya, saat siang sebelum antar sepatu roda, saya sempat di rumah ngelonin suami yang lagi lemes sampai dia ketiduran. Walaupun memang, setelah itu sampai malam hari saya ga kontak sama sekali dengan suami karena dia ada di kamar lain.

Trus gimana dong isolasi di rumah berempat sama anak anak?

Rumah kami ukuran 1 lantai, dan bukan jenis rumah gedong, hehe. Jadi, suami tidur di kamar Akta terpisah dengan kami bertiga, untuk makanan seperti orang isolasi yang lain, ditaruh di depan kamar dan kalau sudah selesai ditaruh lagi di depan kamar. Untuk masker, dibuang terpisah di dalam kamar, begitupun baju juga terpisah di kamar.

Kamar mandi bagaimana? Tetap jadi 1, tapi setelah dipakai harus disemprot disinfektan. Ya mau bagaimana lagi, rumah kami hanya memiliki 1 kamar mandi ^^.

Dan kondisi itu hanya berlaku untuk 2 hari pertama, karena hari berikutnya bunda tepar. Sejujurnya sudah tepar sejak hari kedua, tapi masih bisa ditahan dan ngatur pikiran kalau ‘jangan sampai sakit dulu, kudu kuat sampai suami bisa gerak seperti biasa lagi. Kalau sampai sakit, malah bahaya nanti anak anak dan suami ga ada yang urus’. Pikirannya salah? Gatau, wkwkw, yang pasti yang njalani hari itu udah saklek pemikiran begitu. Hari Senin, kelar masak dan beres beres rumah, langsung tiduran di kamar sambil selimutan. Suami sudah ngintip ngintip (nyebelin pancen wkwk), bilang “Sini ta pegang dahinya” hahaha, tapi saya gamau, malah kayak orang kejar kejaran, yang satu mau megang dan yang satu ga mau dipegang.

Tapi sorenya sudah ga kuat lagi, disuruh swab juga gamau, karena takut untuk nyetir mobil sendiri. Kalau tiba tiba lemes pas nyetir sendirian di jalan dan kena macet, bisa makin berabe. Dan suami meyakinkan kalau dia sudah sehat, sudah bisa cuci piring, sudah bisa angkat galon, dan bisa nyetir. Jadii yasudahlah suami keluar dari kamar isolasi, dan nganter saya ke Hilab Jogja.

Di jalan dia senyum senyum Bahagia akhirnya bisa semobil lagi, wkwkwkw, kalau diingat sekarang ya ngekek, kalo pas kejadian kemarin, saya cuman lemes aja di mobil. Anak anak gimana? For the 1st time, anak anak di rumah sendirian, dan nitip ke tetangga via WA dan rutin cek CCTV dirumah. Dulu mana berani ninggal anak anak sendirian, yaahh memang kalau dalam kondisi terpaksa, mau ga mau kudu iso. Malamnya, saya tidur di Kasur depan TV (sengaja, biar kalau anak anak atau suami butuh apa apa, sudah standby ditengah tengah, wkwkwk), eehh kok suami tiba tiba meluk dari belakang, saya kebangun dan mbatin “hhm..positif ki aku, hehe”. Dan bener rupanya, trus dibisikin kalau hasilnya sudah masuk dan saya positif.

Welcome omicron 😊 please be nice…

Paginya, Akta tiba tiba panas. Saya yang malamnya badan berasa ga karu-karuan, langsung berasa di RESET untuk segera sembuh. Saya siapkan laptop, buku cerita, plus baju ganti milik Akta ke kamar bude. Sekitar jam setengah 6 pagi, saya siapkan air panas untuk mandi, sarapan (iya masak loh ✌✌), paracetamol, dan vitamin. Jam 6 lebih Akta sudah beres makan dan mandi, kemudian ngeluh pusing, langsung saya minumin parcet aja. Sudah ga kepikiran lagi, karena saya ngrasain 2 malam ga karu karuan badannya karena nahan demam tapi tetep harus gerak, dan kasian kalau Akta ngrasain juga. Akhirnya setelah minum parcet, langsung tertidur, dan Alhamdulillah jam 8 pagi terbangun langsung lanjut sekolah. Sekolahnya jangan dibayangin seperti apa ya, hehe, yang penting dia ada temen ngobrol aja di kamar, biar seneng ^^.

Kani gimana? Kani yang kasian... dia di kamar saya sendirian ga ada yang nemenin. Nonton TV juga dari kamar, dan dilanjut saya sama suami nurunin seluruh boneka di rumah. Saya dan ayahnya main boneka bonekaan, dan sama suami 1 boneka dipakein masker, hehe, trus Kani ketawa dong πŸ’—πŸ’—. Dilanjut kasih buku aktivitas, buku gambar, dan spidol, walau ternyata spidolnya dibuat coret coret di lantai. Kani nulis MAMA πŸ’—KANIπŸ’—AYAHπŸ’—KAKAK di lantai rumah, kata dia nanti kalau kami sudah sembuh, boleh injak tulisan di lantai ini, huhuhu..berasa mau nangis gaes... Setelah nulis di lantai, dilanjut bedakin pakai bedak tabur mulai dari lemari, meja, kasur, seluruh bonekanya, dsb. Bunda mung iso ambegan sing penting bahagia dek.

Alhamdulillah Akta demam 1 hari saja, besoknya sudah sembuh dari demam, walau malamnya terbangun dan muntah. Alhamdulillah dua anak langsung reuni secara bertahap, mulai dari ga boleh deketan dan mereka curi curi kesempatan buat ngobrol berdua. Duh reekk reeekkk..

Masih lanjut keesokan harinya, bunda masih lemes siwer tapi nafsu makan uenak, semua makanan di rumah dimakan. Tapi suami kok lemes lagi, huhuhu, bunda ga bisa gegoleran lagii... tapi gakpapa wes, semenjak kejadian Akta sakit, kami jadi bisa bareng bareng semuanya. Walau tidur tetep sama suami dan anak anak terpisah. Akta swab? Enggak. Tapi pas swab bareng suami di hari ke-10, status Akta positif, sedangkan saya (belum 10 hari) dan suami Alhamdulillah sudah negatif, jadi kami masih harus isolasi demi keamanan. 

Makasih ya Akta, sudah bantuin ayah bunda ngemong adek, bacain adek buku tiap mau tidur, mau diajakin main adik adikan sama Kani, mau ngobrol sama Kani. Makasih ya adek, sudah berani tidur sendirian di kala kami bertiga positif, sudah mandi sendiri, makan sendiri walau luama ga kelar kelar, hehe. Makasih ya park boo joo sudah selalu bikin ketawa walau kadang krik krik, tapi ga pernah gagal bikin anak anak bahagia. Mau dimintain tolong ini itu, walau badan pasti juga lemes. Dan makasih buat diriku sendiri, yang tetep mau gerak walau sudah ga tau kayak apa rasanya. 

Selamat buat kita sekeluarga, semoga semuanya dikasih sehat dan bahagia dunia akhirat

Aamiin

0 komentar:

Post a Comment

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah