July 30, 2019

Pergi ke Taman Safari Prigen, Menginap Dimana ?


Assalamualaikum, 

Lebaran 2019 ini, kami sekeluarga merencanakan untuk family trip bareng oma opa. Simple, karena sekarang kami semua sudah memiliki jalur sendiri sendiri, saya di Jogja, adek pertama dan kedua ada Jakarta dan Probolinggo. Jadi momen lebaran ini benar benar menjadi salah satu opsi untuk berkumpul sekeluarga. Beruntung banget muslim yang ada di Indonesia, dapat liburnya lama sekali ^^

Opa-Kani (2.5y)-Oma 

Nah, karena si adik adik belum dapat jatah cuti, jadi kami berencana ke tempat wisata yang dekat dengan daerah Malang, yaitu Taman Safari Prigen. Sebelumnya pernah juga saya posting tentang trip kami ke Taman Safari Prigen disini. Kondisi Taman Safari Prigen tidak banyak berubah, kecuali ada tambahan zona Australia yang kalian bisa lihat kangguru lompat lompat dengan mata kalian sendiri, hehe. Seru? Jelas… anak anak (terutama saya sih) heboh banget lihat kangguru lompat, LOL.


Selain kepengen lihat kangguru lompat, kami sebenarnya juga bingung sama tempat penginapan sekeluarga. Daerah Prigen, hotel yang ditawarkan cukup terbatas, dalam artian yang ramah anak, dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Taman Safari Prigen. Kenapa cari yang dekat Taman Safari Prigen? Pertama, kami hanya memiliki waktu terbatas untuk berkumpul sekeluarga, malas rasanya harus berkutat dengan macet bareng para pemudik lainnya. Kedua, kalau kumpulnya di rumah malah gabisa santai santai, karena nanti sibuk dengan pekerjaan rumah, hahaha… ketauan malasnya beberes. Opsi penginapan di daerah Prigen, awalnya jatuh ke Baobab Safari Resort.

Baobab Safari Resort, penginapan yang ingin (terutama saya) kami kunjungi sejak Kani masih dalam kandungan, hehe, hanya saja kalau ke daerah Jawa Timur, kami masih memilih berkunjung lebih lama ke tempat orangtua masing masing, daripada menginap di hotel. Baobab safari resort, dekaat sekali dengan Taman Safari Resort, tengok saja reviewnya di Trip Advisor, sungguh sungguh apik. View yang ditawarkan adalah gunung Arjuna atau savanna (menawarkan pemandangan hewan hewan savanna), dan jelas kualitas bintang empatnya sama seperti hotel lain. Hanya saja, untuk kami, 7 dewasa dan 2 anak, mereka belum menyediakan opsi kamar keluarga untuk banyak orang.

Saya pikir, untuk liburan sesingkat ini bersama sama, malah rugi kalau kami terpisah gegara kamar, pasti nanti pada repot sendiri nonton tv, wifi-an untuk streaming, alias mager keluar kamar semua. Jadi yang kami lakukan masih survey penginapan, sampai akhirnya menemukan tempat penginapan yang tidak jauh dari lokasi Taman Safari Prigen, yaitu Kaliandra Eco Resort.

Di depan Rumah Kolonial, salah satu tipe penginapan selain cottage, tapi kami tidak menginap disini
Kaliandra ecoresort, begitu saya ketik ejaan tersebut di mesin pencarian google, ZONK (kecuali tentang luasnya resort yang memiliki beberapa tipe penginapan, dan resort ini adalah tempat syuting film kapal tenggelam yang saya pun tidak tau filmnya yang mana,hehe). Tidak ada yang bisa saya dapatkan informasi review para pelancong tentang pengalaman mereka menginap di sana. Begitupun di trip advisor, booking.com, dan beberapa tempat booking penginapan online, rata rata hanya memberikan bintang 5 dan sedikit review. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk mengirim whatsapp di CP yang tertera di web, dan dihubungi balik menggunakan nomor yang berbeda, yang mengaku sebagai marketing dari Kaliandra Eco Resort.

Kolam Renang

Gym Center. Bagus tapi sepi banget ga ada orang sama sekali X_X
Kami memilih penginapan tipe COTTAGE 3BR  yang memiliki 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, 1 tempat semacam ruang keluarga tapi juga ada kasur plus disediakan banyak bantal. Fasilitas yang disediakan, gym, kolam renang, view gunung Arjuna, air panas, jogging track, air minum (di tempat kami disediakan 1 galon) dan yang perlu dicatat di tipe cottage, tidak disediakan televisi, dan tidak ada AC (yang jelas ga akan terpakai karena super duper dingin suasananya). Untuk kami para pencari quality time, menginap di tempat yang NO TV merupakan salah satu opsi yang penting ^^, sejak liburan di Tanjung Puting kemarin, saya benar benar suka dengan opsi NO TV yang ditawarkan beberapa penginapan, tapi harus ada koneksi wifi ya, haha…

Restoran Roro Ireng, dekat Cottage kami. Buka 24 jam, makanannya enak 

Jalan Jalan di sekitar cottage

Kemarin saat kami menginap, Alhamdulillah ramai, sampai untuk makan pagi dibuat outdoor begini. Seru ^^


Full Team

3 kamar tidur, dan foto di pojok kanan bawah adalah ruang keluarga, bisa tiduran juga disana. 

Jalan Pagi di sekitar Kaliandra EcoResort

Menginap di Kaliandra Eco Resort menjadi pengalaman tersendiri, karena lokasinya yang lumayan jauh dari pusat kota, dan luasnya sekitar 3 hektar, membuat saya harus berpikir berkali kali. Sudah jauh darimana mana, no TV, bentuk bangunan yang unik, membuat (jelas) saya takut (karena saya super penakut, wkwkw). Sampai saya memastikan ada penghuni cottage lain yang menginap dekat kami, biar ga terlalu sepi sendirian. Harga yang kami dapatkan untuk tipe ini adalah Rp 2.640.000 yang menurut kami murah untuk 7 orang, 2 anak, dan mendapatkan sarapan untuk 6 orang.

Dan disana, juga ada activity yang bisa dilakukan seperti berjalan jalan di kebun (mereka ada organic farm), dan yang paling saya ingat adalah flying fox (karena sudah booking, tapi batal karena kami sudah capek duluan keliling resort, hehe). Komunikasi disana bisa menggunakan telepon yang semuanya terhubung ke rumah Kolonial (yang warna putih). Kaliandra EcoResort ini (sepertinya) ada 3 jenis bangunan yang berbeda, untuk lebih jelasnya silahkan googling tentang sejarah Kaliandra, hehe. Mistis? karena saya penakut saya sih iya..hehe.. tapi kalau kata yang lain yaa biasa saja. Alhamdulillah menginap disana tidurnya nyenyak sekali, dan langsung liat sunrise dari cottage kami sekeluarga.



Kalau kamu mau kamar satuan, nanti akan diarahkan ke Rumah Kolonial, kolam renang di Rumah Kolonial lebih bersih dan eye catching untuk dinikmati, dan yang pasti lebih ramai. Karena yang menginap di Rumah Kolonial lebih banyak 

Sedangkan kalau datang sekeluarga, lebih hemat pakai tipe cottage, dan jangan lupa bawa makanan yang banyaak, karena disana super duper dingin, jadi sering lapar, hehe. Untuk Akta dan Kani, disini super seru, karena Waktu Indonesia bagian Pop Mie, diizinkan untuk dinikmati, hihi.

Oiya, untuk booking tempat, saran saya telepon dulu ke pihak pengelola, biasanya harga yang mereka tawarkan lebih murah daripada yang ada di tempat booking online. 

Selamat berlibur ! 

16 comments:

  1. yeee..akhirnya ada tulisan lagi

    ReplyDelete
  2. wah tempatnya nyaman dan adem suasananya

    ReplyDelete
  3. pingin menginap di kaliandra mbak...pemandangannya bagus ya. bikin betah menginap

    ReplyDelete
  4. Seru ya tampaknya piknik sekeluarga besar. Iri akuuuhh. Tapi keluarga besar siapa yang mau kutebengi piknik? Hahaha!

    ReplyDelete
  5. Mbak kemarin telepon ke pengelolanya kah? Huaa agak mistis sih emang dari fotonya. Tapi kalau nginepnya ramai2 its okelah. Apalagi dpt sarapan, lumayan. Yang jelas keliling resort aja udah kayak piknik ya=)

    ReplyDelete
  6. Bangunannya bangunan lama ya mb? Jadi penasaran dengan sejarahnya. Hihi.. Tapi kl nginep di cottage memang serunya bareng-bareng gini..jadi ga berasa sepi.. Viewnya menarik juga ya mb... Cuma luasnya dan sedikit pengunjung itu yang bikin rada uji nyali... Tfs mb.. Menarik..

    ReplyDelete
  7. Sumpahhh aselikkk membacanya akupun ingin berkunjung kemari, agendakan ahhh kemudian buru-buru bikin rencana perjalanan

    ReplyDelete
  8. Wah kebetulan nih awal september rencananya saya mau ke malang. Seru juga menginap di kaliandra eco resort, tapi saya plesirannya sendiri nih, hihihi... mungkin akan menginap di sini kalau bareng-bareng keluarga...

    ReplyDelete
  9. Asyik banget nih, piknik bareng keluarga. Apalagi di Kaliandra Eco Resort cocok banget buat yang anggota keluarganya banyak.

    ReplyDelete
  10. Back ground Kaliandra resort itu gunung (perbukitan) apa ya Mbak?

    Utk rate Rp. 2.640.000 ( 7 orang, 2 anak, inc sarapan untuk 6 orang), ini utk 1 malam saja ya Mbak?

    ReplyDelete
  11. liburan terakhir kemaren, saya juga ke taman safari prigen mbaaaa, nginepnya ambil yang deket-deket situ. Sayangnya gak sempet *liputan*, karena si kecil sakit selama perjalanan. Next, wajib diulang lagi deh ini jalan-jalan ke prigen dan nginep di kalianda resort ini, semacam mantap dan nyamannnn

    ReplyDelete
  12. Pemandangannya bagus ya, untuk harga segitu ya lumayan standar enggak mahal

    ReplyDelete
  13. Wadidaw, habis baca munculah satu lagi wishlist baru buat lan-jalan. Mana tempatnya asyique pula. Bisa jadi stok buat feed IG juga. Kudu kencengin lagi nih nabungnya, hewhew

    ReplyDelete
  14. Wiwin | pratiwanggini.netAugust 13, 2019 at 10:58 AM

    Kebayanggg asyiknya nginap disini, didukung dengan udara Malang yang sejuk :)

    ReplyDelete
  15. Segernya, buka mata langsunf hampatan hijau gitu. Mantapp

    ReplyDelete

Biar aku bisa jalan jalan ke blogmu, silahkan tinggalkan komen di postingan ini yah