Mengenal sosok Momblogger : Emak Ika Koentjoro

17 Februari 2016

Mengenal sosok Momblogger : Emak Ika Koentjoro




Ika Koentjoro, saya baru bertemu dengan mba Ika kemarin saat ada arisan ilmu oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) Jogja. Jadi kalau ditanya sosok seperti apa si mak Ika ini, saya belum bisa terlalu mendeskripsikan secara personal, hihi, jadi saya coba menyelam di blog mak Ika, di www.ikakoentjoro.com. Kebetulan, saya memang suka kepo sama blog milik siapapun (tergantung mood juga sih), bisa jadi seharian (kalau lagi selo) saya mencari cari postingan pertama penulis blog tersebut. Biasanya lebih ke penasaran, kok bisa sih tulisan dan blognya keren banget, memang nya dulu tulisan pertamanya apa. Yaah, semoga ini bisa menelisik sedikit, seperti apa mak Ika di dunia maya yaah.

lokasi pertemuan pertama saya dengan mak Ika

Saat membuka blognya, saya bisa tahu, orang ini suka food photography, hehe. Di halaman blognya, langsung terpampang nyata widget instagram yang hampir (paling update) adalah foto makanan yang super keceh, saya sendiri sampai ngiler lihat makanannya, hehe (lap ences…). Dan ketika saya terjun bebas ke halaman terakhir blog mba Ika, ternyata bahasan pertamanya adalah temulawak! Haha… bener kan ga jauh dari makanan (random banget kesimpulannya, hehe). Selain suka membahas makanan, blog mak Ika juga sering melakukan review tentang sebuah restoran yang dia kunjungi.  Tulisan terakhir milik mak Ika (tapi sayang bukan di blog dot comnya, tapi di blog lain (karena ternyata blognya lagi disuspend :P –ternyata bisa lupa juga- peace mak :D )  bisa dibaca di SINI

fotoin telur aja bisa gini ya hasilnya, sumber : @ikakoentjoro

jadi pengen minum ini, sumber : @ikakoentjoro
   
Selain itu, yang saya suka di blognya adalah konten ON MEDIA, saya suka walaupun mungkin belum update (karena tulisan terakhirnya adalah tahun 2014) saya bisa curi banyak ilmu disana. Saya belajar, bagaimana cara menulis yang baik agar tulisan kita diterima di media. Dulu saat kuliah, saya senang sekali menulis, tapi rata rata penulisannya memang baku untuk penulisan ilmiah, kemudian setelah lulus kuliah, perlahan tulisan baku itu saya tinggalkan, menjadi blogger lepas yang suka menulis kehidupan sehari harinya (baca : curcol). Tapi ketika saya melihat blog mak Ika, saya berasa kembali ke masa lalu, bagaimana cara penulisan begitu diperhatikan (tergantung dari sisi pembaca), bukan sakarepe dewe, apalagi kalo serius mau dimasukin ke media (atau kompetisi blog). Salah satu tulisan mak Ika di media yang saya suka adalah tentang ulasan resto Apung di Makasar. Disana mak Ika juga memberikan tips, bagaimana agar tulisan kita bisa dimuat di media massa :
Dalam ulasan kuliner, kita bisa mengirim resep ataupun ulasan kuliner di cafe atau restoran favorit. Jika mengulas cafe atau restoran favorit, cantumkan pula alamat plus jam buka dan tutupnya. Sementara, jika menulis resep masakan pastinya harus mencantumkan juga bahan-bahan serta cara pembuatannya.

Untuk banyaknya tulisan tak ada keterangan. Hanya saja, tulisan saya kali ini memuat 550 kata (telah diedit editornya). Untuk memudahkan editor mengedit tulisan kita, sebaiknya ulasan ditulis lebih dari yang saya sebutkan diatas. Jangan lupa menampilkan foto-foto dengan resolusi tinggi (mutlak untuk semua media). Untuk foto tak ada batasan berapa jumlahnya.


Dan yang bikin mupeng adalah tulisan awalnya , 
Saya sebut multiple rejeki untuk tulisan saya kali ini. Bagaimana tidak, wisata kuliner ke Makassar bulan November lalu bersama beberapa blogger pemenang lomba sarapan sehat disponsori oleh Sunco. Akomodasi diongkosin, makan dibayarin, eh, ulasannya masuk media dan dapat honor pula. Asyik, kan?


Nah loh nah loh !!! mau belajar food photography dari mak Ika? Bisa juga mampir ke tulisannya di SINI. Kece banget mak Ika ini yah, kayaknya semuanya bisa, hehe. Oiya, mak Ika ini juga sudah menerbitkan buku bersama teman saya (kenalnya juga di dunia maya) mak Fenny Ferawati. Buku terbitannya berjudul “3 Emak Galau Gaul Keliling Kota”, bukunya bisa dibeli di toko buku dengan uang masing-masing yah :P.  

sumber : @ikakoentjoro

Sekian dulu yaa postingan tentang mak Ika dari saya, Semoga bisa membuat mak Ika makin semangat buat berbagi pengalaman dan tips tipsnya agar tulisan kita juga keceh :D. Eh, jadi penasaran, kalo Ika Koentjoro itu nama penanya, nama aslinya siapa? ada yang tahu? 

Salam,
xoxo
Rachma


20 komentar :

  1. seneng yaaa kita terkoneksi di dunia maya dan menjadi teman di dunia nyata,, saling menyemangati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneer mak prim, hihi, seneng deh bisa kenal orang orang di dunia maya

      Hapus
  2. Tulisan baku dan beralih ke tulisan lepas. Dan skrg lbh concern utk memperhatikan kaidah penulisan. Inspirasi yg luar biasa dr sosok mak ika ya, tentu msh bnyk sisi inspiratif lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, belajar banyak dari blog beliau mak ririe :)

      Hapus
  3. Ika Koentjoro nama pena mbak. Terimakasih ulasannya. Senang berkenalan dengan mak Rachma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mak Ika :) terimakasih sudah njejak disini

      Hapus
  4. wah seneng ya mak bisa ke makasar. Sukses slalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yah maak, #berkahngeblog banget

      Hapus
  5. aku benar-benar kagum sama Mak Ika.. Sosok inspiratif yang luar biasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, kece abis ya mba :). AYoo kamu jadi reviewer profesional :) cieh

      Hapus
    2. reviewer profesional kie pie, bun? aku taunya tu cuma makan doang jew *kabur sambil bawa mas akta*

      Hapus
  6. Haloo, Mak Rachma! Baru sekali menjejak di sini, salam kenal sekali lagi. :D
    Ayo, kita lanjut merajut persahabatan dan ilmu di KEB. :D Semoga dengan saling menulis begini, kita jadi makin akrab. Yang penting, bisa saling menginspirasi. Aamiin. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii mak asri, salam kenal juga yaa. ^^

      Hapus
    2. Btw, aku BW ke blog mba asri kok gabisa yaah

      Hapus
    3. Hihi, blog yg di G+ ga ngerti agak trouble, soalnya aku habis ubah link blog memang. Silakan mampir ke http://penaphie.wordpress.com/ ya. :D

      Hapus
  7. Krik krik ratih kemarin dateng juga ya? yang mana seh? ihiks, padahal aku juga dateng lhooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa,, tapi pertemuan pertama aku nelat dan duduk di luar, Akta lagi ga bisa diem soalnyaah. Hihi

      Hapus
  8. Mak Ika oke banget ya...semangat gak ada matinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneerrr deh mak Ida :)
      semoga nular ke kita yaah
      hihi

      Hapus
  9. Mak Ika oke banget ya...semangat gak ada matinya...

    BalasHapus

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^