Share:Breastfeeding part I (sumber : breastfeeding 911 by drtiwitv)

22 April 2013

Share:Breastfeeding part I (sumber : breastfeeding 911 by drtiwitv)


kali ini mau coba share sedikit mengenai ulasan dari drtiwi (twitter: @drtiwi) tentang breastfeeding 
*maklum ya..eke udah ibu ibu, jadi isi blog kalo tentang dunia menyusui dan anak anak gak apa ye*

Dalam video ini, dijelaskan mengenai pentingnya menyusui (breastfeeding) antara lain manfaat untuk ibu,manfaat untuk bayi, keunggulan asi daripada sufor, serta mengenai mpasi (dibahas di postingan berikutnya ya...

Nah..biar agak enak bacanya,nulisnya sekalian pengalaman saya saat menyusui dihubungkan dengan video dari dr.tiwi yaa.

Dulu, pas Akta masih di perut, keseharian saya selama kehamilan selain bekerja, oriflame-an, dan berjualan, saya juga tetap belajar mengenai proses kehamilan, persalinan, dan tentang menyusui. Banyak ya...hehehe..awalnya sampe enek (serius nih harus dipelajari semua????) Kalo pun kita mau tutup mata tutup telinga selama kehamilan (males baca, males cari ilmu) ya gak masalah sih...cuman kalo sudah lahiran apapun prosesnya silahkan ditanggung sendiri, hehe.
Nah..tentang menyusui ini, saya belain ikut kelas aimi, baca-baca dokumen di grup aimi, baca di grup GBUS tentang ibu ibu yang abis lahiran, dsb. Di kelas aimi (bareng sama suami) dijelaskan kenapa ASI itu penting daripada susu formula.
Seperti gambar di bawah ini sudah jelas ya, kalo di dalam asi, protein yang ada didalamnya (whey protein) lebih mudah dicerna daripada protein yang ada di susu formula. Itulah sebabnya kenapa bayi dengan susu formula lebih tenang dan gampang untuk tidur, karena perut mereka sudah kenyang oleh susu, sedangkan anak ASI karena lebih mudah dicerna dia sering terbangun dan menangis untuk nyusu lagi. Repot dong? ya enggak dong...dengan cara ini malah akan memancing produksi asi ibu loh ^^ semakin sering disusuin akan lebih mudah keluar. Jadi jelas yaa...kenapa bayi ASI sering menangis..bukan karena asi nya cuman sedikit, tapi karena asi sebelumnya sudah dicerna, makanya lapar lagi.


nah...gambar yang kedua, dulu sering banget baca kalo beberapa ibu menyusui mengalami ketakutan seperti yang digambarkan dibawah ini :
pengalaman saya, menyusui secara langsung jangan terlalu dipikirkan apakah asi anda akan kurang atau tidak...jalanin aja dengan rileks, yang penting susui bayi anda setiap jam selama anda bisa. Karena, sekali lagi saya katakan, semakin sering menyusui maka semakin banyak produksi asi. Kemudian, gimana nih kalo BB Bayi ku turun? loh...seminggu pertama memang turun loh... Akta lahir 3,2 kg saat pulang dari RS turun 200gr jadi 3,0 kg. Kenapa? karena bayi saat itu masih minum sedikit sekali (sesuai kebutuhan mereka) makanya BB nya turun. Kalo bayi saya kuning gimana dong? gak apa apa... yang penting setelah di lahirkan segera susui untuk mengurangi indikasi kuning, (diskusikan dengan Dsa yaa...gak ada teori kalo minum ASI malah makin kuning)
kemudian untuk alasan menyusui tidak praktis...wooh,,pengalaman saya dengan Akta, proses menyusui kami berdua sangat praktis, kemana mana ga bawa botol, termos, dsb. Cuman sedia apron aja kemana mana...hehe, haus? langsung sodorin nen aja. ^^ Stress saat bekerja? nah...harus pinter doong diatur perasaannya selama bekerja, hehe, saya malah makin semangat pompa saat kerja, karena sudah ada yang menunggu di rumah...hoho. kuatir bentuk tubuh menggendut? hehe...ajaibnya sekarang saya malah bingung menaikkan berat badan saya. Karena proses menyusui akan memudahkan kita untuk melangsingkan badan, kalo pun gendut berarti karbohidrat anda masuk terlalu banyak. Kemudian alasan karena takut sakit selama ASIX  bukanlah alasan yaa...wong orang gak menyusui aja bisa sakit. Kalo sakit apa boleh menyusui? boleeehh... Pas saya lagi flu, Akta tetep nen sama saya, selama proses tersebut dia minum anti flu yang ada di ASI saya...Akta malah dapat antibodi nya... menyusui saat sakit dilarang apabila penyakit HIV dan kanker. Alasan yang terakhir takut terperangkap, takut ga bisa kemana mana ya..hehe... ini balik ke ibu sendiri yaa...apakah anda akan mengorbankan masa menyusui anda yang eksklusif selama 6 bulan dengan keinginan anda untuk jalan jalan. Makanya, disarankan saat menyusui anda juga memerah menjadi ASIP (Asi Perah). Jadi, kalo ada urusan keluar..baby masih bisa mendapatkan asupan ASI dari anda ^^

trus kenapa yaa bayi kok lebih sering bangun minta nenen di malam hari ?
seperti gambar di atas yaa...kalo malam hormon prolaktin ibu meningkat karena sebelumnya sering disusuin ke bayi saat siang, nah di saat hormon tersebut meningkat maka produksi ASI pun meningkat saat malam hari. Makanya...saat malam bayi suka banget buat nyusu, karena dia bebas buat nenen sesuka hati. hehe... sabar yaa ibu ibu. Momen ini cuman sekali lo...dinikmatin aja ^^
Akta malah jarang bangun malam sejak lahir, saya malah bingung bangunin Akta gimana...hehe...

Nah...yang terpenting dari itu semua... 
 
Tetap susui sesegera mungkin, bahkan setelah lahiran dilanjutkan IMD (Inisiasi Menyusu Dini) kemudian minta rawat gabung secepat mungkin (jangan ditunda) kadang ada yang mau istirahat karena setelah lahiran jadi gak mau rawat gabung. Helooo itu bayi anda looo.... ditaruh sekamar juga, bayi  gak akan menangis terus menerus kok, jadi anda juga bisa istirahat. Kemudian, persiapkan suami anda menjadi breastfeeding father, berikan ilmu menyusui anda pada suami, jelaskan mengapa anda menginginkan anak anda menjadi anak ASI. Selanjutnya, pelajari posisi menyusui, selama di RS jangan ragu bertanya pada suster tentang berbagai cara posisi menyusui sampai anda menemukan posisi yang paling nyaman ^^ dan jangan cepat menyerah kalo anak anda belum pinter menyusui, ajari dengan telaten, kalian berdua sedang belajar loh...jadi jangan memberikan dot terlalu dini (bahkan kalo bisa jangan dikenalkan dot) karena dengan dot, bayi akan lebih susah untuk menyusu langsung pada anda. dan yang terakhir RILEKS ^^ nikmati masa menyusui anda...hehe

Sudah deh...segitu aja sharing dari saya, hehe...semoga membantu ya... di akhir tulisan ini saya kasih printscreen-an tentang bagaimana menilai kecukupan ASI. Kadang ada yang bilang
"aduuh ASI saya ga cukup nih?"
"laaa memang anda tau darimana ASInya ga cukup? "
"anak saya rewel teruus"
"laa..kan memang rewel, wajar, anak bayi bisanya nangis, ajaib dong kalo dia anteng terus"
"soalnya dia haus"
"tau darimana kalo haus? bayi membuka mulut ketika jari kita didekatkan ke mereka, itu adalah reflek alami hingga umur 4 bulan lo ya...coba cek apakah dia pup atau pipis, kemudian coba peluk, gendong, bedong, atau ayun bayi anda...kalo dari 4 hal itu tetap nangis berarti dia haus. Jadi..nilai keCUKUPan ASI anda dari item-item dibawah ini yaa... 

menyimpang dari itu, segera konsultasikan dengan Dsa anda...susu formula itu seperti obat...jangan kasih anak anda obat sembarangan tanpa resep dokter. 

salam
Rachma
xoxo

sumber :
youtube : drtiwitv 





0 comments :

Posting Komentar

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^