-demam (plus) batpil (samadengan) enggak banget-

22 April 2013

-demam (plus) batpil (samadengan) enggak banget-


jadi ceritanya
sejak di Jogja, setiap kali setelah imunisasi Akta selalu dan selalu panas badannya
entah itu imunisasi pcv, rotavirus, maupun DPT HIB Polio (aku ambil ga panas)
sudah tau sih..kalo memang beberapa bayi akan mengalami efek panas
tapi...anehnya ...
 dulu kalo di Malang Akta ga pernah panas setiap abis imunisasi, tapi kenapa di  Jogja malah panas -_-

dan kemarin adalah hari pertama Akta kena demam plus batpil
batpil nya karena efek anak tetangga kanan kiri pada sakit plus cuaca di Jogja yang jelek banget...
besoknya, saat imunisasi sudah aku bilang ke dokter kalo Akta baru kena batpil sehari ini, dicek lah sama si dokter dan katanya enggak apa-apa 
jadi dicus aja deh suntikannya di paha ama spuit di mulut (kebetulan imunisasi PCV dan Rotavirus)

sorenya...
langsung anget badannya, dan Akta ga keringetan sama sekali...srat srot melulu hidungnya, kasian banget anak kecil kalo sakit... hiks...
step awal langsung aku ajak skin to skin... meskipun dia masih aktif kesana kemari tetep aja aku dekep, si Ayah aku minta buat masak air dan ditaruh baskom plus ditetesi minyak kayu putih kemudian ditaruh di kamar...
sepanjang siang sampe malam Akta ga mau bobo sama sekali, maunya main melulu padahal dia lagi gak enak badan plus capek... pas maghrib dia nangis kenceng banget, nenen gak mau, gendong gaya apapun ga mau, udah estafet aja gendongan dari aku, ayah, trus ke emak (yang ngemong Akta) tapi tetep nangis membahana
akhirnya langsung aku ajak keluar rumah sambil aku shalawatin, bacain al fatehah, dsb dan akhirnya Akta ketiduran sodara sodara (tarik nafas lega) kita bertiga langsung masuk rumah, pasang lagi terapi uapnya, dan mulai sodorin nen ke Akta dilanjut aku langsung ikut bobo di sebelahnya, takutnya nanti kalo aku gak bobo sekarang nanti malam kalo dia bangun malah aku ngantuk...hoho
beneraan jam 10 malam Akta bangun, dan diajakin guyon, si Akta ketawa ketawa lemes...hehehe...beberapa jam kemudian minta gendong...estafet lagi dari aku, ayah, trus emak..dan akhirnya bisa bobo sama si emak, dan ngomong "biar tidur di kamarku aja ya mba"
--ooo tidaakk...jangan pisahkan aku dengan akta---
"enggak, taruh aja di kamar biar sama aku" 
jam 12 bangun lagi... kali ini aku gantiin baju, trus dipangku sambil siapin nenen, plus diselimutin rapet pake selimut dan aku peluk senyamannya Akta, sambil berdoa biar keringetnya keluar. Sembari mangku Akta biar bobo, pasang youtube buka linknya drtiwitv..hehehe...
thanks to youtube dan jaringan internet yang enggak lemot...jadi sedikit ada hiburan di kala nidurin anak ^^
alhamdulillah..sejam kemudian Akta langsung keringeten badannya, hehe
---------------------------------------------
hehehe...gak jelas banget yaa postingan ini, mbahas tentang perjalanan anak yang lagi batpil dan demam.

Sedikit tips untuk ibu ibu yang anaknya lagi demam :
- Usahakan untuk selalu memantau suhu badan anak dengan termometer, bukan dengan tanganmeter :D
- Siap sedia kompres
- Kalo suhu badannya panas tetep selimutin aja, biar kalo udah sampe sumuk (panas) nanti otak akan segera merespon dengan meredakan panasnya, jadi jangan malah dibuka bajunya biar gak kepanasan
*gambarannya..kalo lagi panas dan dikrubut selimut dsb nanti akan ngirim sinyal ke otak "woy..badanku udah panas nih" nanti sama otak akan direspon, 
- Kalo demam juga berarti enggak boleh mandi lo ya..justru tetep mandi aja biar seger. Perhatikan juga suhu airnya. kalo anak panas, airnya jangan dingin...bantu dengan air hangat yang agak panas *sekali lagi untuk mengirim sinyal ke otak kalo badan sudah panas*
- Jangan keburu kasih obat ya...obat hanya berlaku untuk 38derajat ke atas...bahkan ada yang 38 derajat belum dikasih obat *tergantung pemahaman orangtua yah*

Nah, untuk yang baby nya lagi batpil   :
- Masak air, taruh di baskom, tetesi dengan minyak kayu putih...kemudian taruh baskom di sudut kamar atau deket baby, jadi uap air panas bisa mudah terhirup oleh anak (terapi uap)
- Kasih balsem untuk bayi. Berdasarkan survey di internet dan dikasih tau tetangga sebelah kemarin Akta saya olesi transpulmin 
- Tidurkan anak dengan posisi kepala agak tinggi, agar kalo ingusnya mbeler bisa turun ke bawah
- Jemur di bawah sinar matahari

nah...jangan lupa juga untuk membuat suasana seceria mungkin...anak sakit bukan berarti dia harus di kamar terus..ajak keluar ruangan agar pikirannya fresh ^^



0 comments :

Posting Komentar

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^