Asam Folat

4 April 2012

Asam Folat


hello dears...
tulisan kali ini sedikit share dari dr. Grace Judio di akun twitternya diSINI tentang asam folat
cekidot...

1. Semenjak hamil saya menyadari bhw byk sekali calon ibu diindoktrinasi berlebihan ttg pentingnya as.folat. #asfolat
2. Asam folat membantu mencegah kasus spina bifida, yaitu tdk tertutupnya syaraf tlg blkg pd bayi.Macam sundelbolong gitu. #asfolat
3. Memang baik untuk mencegah kasus spina bifida sblm jabang bayi dicetak gen-nya.Dan itu ditulis di produk susu tsb. #asfolat
4. Tapi, susu mengandung as.folat tsb BUKAN utk membuat hamil. Awam sering mispersepsi. #asfolat
5. Kasus spina bifida sangat jarang, 1-2kasus per 1000 bayi. Wajarkah kita bila terlalu takut tdk mengkonsumsi as.folat? #asfolat
6. Perasaan saya,pas waktu ko-ass,bumil cuma dianjurin minum zat besi.Krn kasus anemia tinggi.Akhir2 ini booming bgt as.folat &aadha. #asfolat
7. Bumil2 skg krn sgt konsumtif dan ingin memberi yg baik utk buah hati sering jadi korban iklan. #asfolat
8. Coba dibaca baik2 apa yg tertera di product insertnya, dan jgn cuma melihat gambarnya dan 'judul produknya'.
9. Bila krg as.folat,tjd ggn pembentukan syaraf tlg blkg.Janin tdk survive,biasanya gugur.Tp bkn berarti tp as.folat obat penyubur. #as.folat
10. As.folat membantu pembuatan DNA,mempercpt pembentukan, perbaikan sel scr umum.Mmg perlu pas hamil.Tp ga usah tll kuatir. #asfolat
11. Kl bumil/calon bumil apa aja dimakan,biasanya ga krg as.folat he3..Di otaknya hanya takut kekurangan.Dr luar aja tampak kelebihan.
12. Sumber as.folat tinggi: asparagus,kacang2an,kuning telor,bayam, hati ayam,biji bunga matahari. #as.folat
13. Pinter atau sehatnya bayi kita tdk tergantung melulu pada susu atau suplemen yah, tweeps.
14. Hamil tdknya seseorang tgt byk faktor. Buanyaaakk banget,tweeps. Jd bkn cuman krn as.folat aja.

kemarin pas cek di JIH sama dr Enny Pamuji juga sempet tanya,
"dok...perlu minum susu hamil gak?"
"itu nanti dulu ya...setelah 12 minggu" 
"tapi saya baca katanya gak perlu minum susu hamil juga gak apa kok dok"
"hehe...memang iya...di luar negeri aja gak ada susu hamil kok. Di Indonesia aja yang bikin susu hamil" 

YES !!! 
hehehe.......

si Dr. Grace Judio juga sempet menjawab pertanyaanku :



salam,
xoxo
-rachma-

0 comments :

Posting Komentar

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^