Resep Mangut Ikan Pe

11 April 2017

Resep Mangut Ikan Pe



Alhamdulillah pagi ini di saat hari kerja, saya bisa masak menu baru di rumah. Bukan masakan mewah sih, tapi masakan ENAK NGET !!! alias MANGUT IKAN PE. Hari sabtu kemarin, kami sekeluarga melipir ke carefour, untuk belanja mingguan. Kenapa enggak di pasar traditional? Karena belum sempat kesana, ini ke carefour juga sekalian ke outlet yang lain buat benerin HP :D (sok artis, kasih penjelasan). Saat melewati counter ikan, ada ikan ikan yang siap digoreng/bakar gratis, saya bilang ke suami untuk mengambil beberapa ikan dan minta dibakar di sana, tapi suami ga mau, katanya mending beli ikan pari asap aja.

“Ini enak lo bun” katanya berpromosi. Saya iyain aja, karena saya ga pernah makan ikan asap :P . saat saya minta ke pegawainya untuk digoreng, katanya kalo ikan pe mending digoreng sendiri aja, atau dibuat mangut.

Dan kata suami “Aaahh iyaaa dibikin mangut aja bundaa enak”

“Laa bunda ga bisa masak mangut yank”

“Hehe, jadi kangen makan mangut lele di Bantul” katanya tidak mengomentari jawaban saya :P :P



Dan kemarin pulang kerja, saya melipir ke superindo (haha, bukan pasar traditional lagi) mencari bahan bahan untuk membuat mangut ikan Pe



Berikut resepnya :



RESEP MANGUT IKAN PE / RESEP MANGUT IKAN ASAP

Bahan Utama

4 potong ikan Pe



Bumbu halus

4 Bawang Putih

4 Bawang Merah

1 Kemiri

3 Cabe Rawit

4 Cabe Keriting

3 ruas Kencur

1.5 sdt Gula Merah (saya ga pakai, jadi ganti gula putih)

1.5 sdt Garam



Bumbu Pelengkap :

Laos / Lengkuas digeprek

Daun Salam

1 ikat Kemangi

Tomat Hijau dipotong sesuai selera

Cabe hijau dipotong sesuai selera

1 Santan Instan (saya pakai Kara kecil). Kalau mau kental tambahkan saja kara nya.



Cara masak :

  1. Haluskan bumbu halus dan kemudian tumis sampai harum. 
  2. Masukan lengkuas dan daun salam, kemudian tambahkan air secukupnya.  
  3. Setelah itu tunggu 5 menit, masukan ikan asap / ikan pe bersama daun kemangi. 
  4. Masukan santan instan, cabe hijau, dan tomat hijau yang sudah disiapkan 
  5. Tunggu sampai mendidih, kemudian koreksi rasa 
  6. DONE



Ternyata gampang yaa :D enak banget rasanya (masakannya dipuji sendiri, haha). Sebenarnya sih pengen foto foto ala food blogger gitu buat postingan blog. Tapi apa daya, jam kerja makin mepet, dek Kani juga sudah bangun, kakak juga belum mandi, jadi bunda foto hasil jadinya aja yah :)



Selamat memasak bunda !



Salam,

Rachma

4 komentar :

  1. Wah enaaaak. Aku suka nih mangut ikan pe, apalagi yang pedes, tambah nasi anget. Sedaaap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus makannya jadi nambah nambah yak :D haha

      Hapus

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^