GTM anak SEMI BLW (cerita Akta di 9 bulan)

4 September 2013

GTM anak SEMI BLW (cerita Akta di 9 bulan)


Sabtu kemarin, akhirnya Akta dapat imunisasi campak di umur 9 bulan lebih sedikit, setelah bulan kemarin saat umut 8 bulan pulang dengan tangan hampa *sambil gendong Akta ding* dari rumah sakit
jadi, ceritanya saat 8 bulan, saya, Akta, dan emak pergi ke rumah sakit dengan niat nganter Akta imunisasi (tanpa tau mau imunisasi apaan, hihi). Biasanya sih saya cek dulu mau imunisasi apa dan mau ngapain aja...tapi karena hari itu hari kerja, abis pulang kerja cuuss ke rumah dan langsung ke RS tanpa cek ricek. Setelah sampai RS (alhamdulillah dpt no 1) dan ketemu dokternya, beliau tanya ; 
"mau imunisasi apa bu?"
"lupa dok...kalo umur segini apa ya?"
trus beliau bolak balik... "lo... ini sudah selesai, bulan ini ga ada iimunisasi"
"tapi kata dokter bulan kemarin, saya disuruh balik..apa mungkin campak ya?"
"kan masih 8 bulan bu..ibu salah denger mungkin"
eaaaaa
"trus hari ini ga ada imunisasi berarti?" timpalku
"ga ada bu..."
hihihi...keluar ruangan sambil ketawa ketawa, liat saya ketawa Akta ikutan ketawa ketawa...hahaha
Lanjut lagi...akhirnya setelah resmi 9 bulan, kita berangkat lagi, kali ini karena mau campak, dan imunisasi campak hanya ada di hari Sabtu, abang suami bisa ikut anterin kita *yeiy* *wink*. Di kepala sudah terbayang mau nanyain apa saja sama si dokter seperti gimana mengatasi anak kejang plus gimana nih balikin nafsu makan Akta yang 4 hari terakhir ga mau makan. Sehingga saya memutuskan untuk memberi titel bahwa Akta lagi GTM beneran. ihiikk.... *cry*
(Biasanya, saya cuek bebek aja kalo Akta gak mau makan 1 atau 2 hari, toh hal itu normal...nanti kalo lapar dia pasti makan, dan setidaknya masih nyemil buah. Tapi 4 hari tersebut si doi beneran ga mau makan, dikasih makanan dibuang, disuapin dibuang, bahkan sudah bisa melepeh makanan yang ditawarkan atau diambilnya sendiri *sad*. Belum lagi kalo makanannya masuk ke mulut, cuman dikunyah aja trus kemudian di wueeekk-dilepeh- *cry*.).
Saat bertemu dokter, saya sampaikan lah seluruh isi hati saya tentang GTM tersebut... 
"sudah makan yang kasar ya bu...untuk umur 9 bulan?"
"sudah dok" (dalam hati bilang, bahkan mulai umur 6 bulan kemarin Akta sudah makan makanan padat)
"bagus..."
"tapi dok...4 hari terakhir ini, Akta gak mau makan sama sekali, kalaupun mau cuman dikunyah trus dilepeh, gimana dok?"
"memang sih yaa...umur 9-10 bulan beberapa anak sudah mulai malas makan, biasanya disini ada 2 faktor. Pertama, memang si anak lagi ga mau makan, kedua, karena kesalahan orang tuanya"
"Maksudnya?"
"iya...ibu jangan pelit kasih bumbunya. Kita sendiri tau kan kalo makanan bayi itu ga enak, hambar... malah kalo makanan bayi sisa pasti ayah ibunya gak mau makan"
---abang suami langsung ketawa sambil mengiyakan dokternya, hihi---
"tapi biasanya saya kasih bawang putih sama merica kok dok, kalo bikinin Akta makanan"
"yaa...tapi divariasikan bu... Sekarang bayi sudah mulai bosan sama makanan yang bumbunya gitu gitu aja. Misalnya kita nih orang dewasa, selama seminggu disuguhi opor melulu. Hari pertama, opor ayam, besoknya opor telur, besoknya opor tahu, besoknya opor tempe"
"hahahahaa...." abang suami sama saya ngakak maksimal
"bosen ga bu kalo gitu? atau hari ini cah kangkung, besoknya cah bayam"
aku sama abang suami ngangguk ngangguk....

Dan PR sekarang adalah setiap hari saya memutar otak untuk berpikir "masak apa ya besok buat Akta" :)

Keesokan harinya saat pagi saya tawarin buah buahan seperti biasa, alhamdulillaah Akta mau makan, mau megang dan mau dimasukin ke mulut tanpa dilepeh...itu sudah suatu tanda positif untuk saya. 
Untuk makan pagi saya masakin spagheti saus tomat (saus tomatnya homemade tapi gagal total). walaupun gagal total teteup saya campurin ke spaghetinya biar ga hambar, alhamdulillah yaaa..walaupun pake acara diskusi panjang lebar sama Akta untuk duduk tenang selama 5 menit (silahkan bayangin gimana diskusi sama anak umur 9bulan,hihi). Awalnya dia tertarik liat saya masukin spagheti ke mulut dan ikut-ikutan, tapi pertama diambil sama dia dibuang sambil wajahnya nahan rasa asem saus tomatnya (hahahaaa), tapi kemudiaaan Akta mau masukin beberapa spagheti dan makaroni ke mulutnya ditambah dengan nempelin saus tomat ke baju saya dan celana dan rambut  saya. Setelah itu kami pake acara ketawa ketawa berdua pas saya ketawain rambut dia yang penuh spagheti dan saus tomat *ketawahambar* *smile* *wink*.
Untuk makan siang saya sajikan nasi plus telur rebus. Kemudian kami duduk di lantai kayak sepasang kekasih yang lagi lempar-lemparan nasi *cry* alias Akta duduk sambil ambil nasi pake tangan trus ditempel ke tembok, ditempel ke rambut saya, plus ditempel ke lantai *huaaa...kebayang deh gimana rempongsnyaaa* tapi alhamdulillah beberapa butir nasi dan telur rebus masuk ke mulutnya. Dan ternyata saya baru tau, kalo Akta makan putih telur rebus bisa 20 menit sendiri dihalusin pake mulutnya...Jadii acara makan siang ini ga bisa diperpanjang, langsung saya stop meskipun Akta masih ngunyah putih telur...biarlah dia menguyah putih telur sambil mainan ^^
Untuk makan sore, saya sajikan nasi plus brokoli. (hahaha, jujuurr miris juga loh nyajiin makanan ke anak cuman beginian doang, tapi ya mau gimana lagi...daripada masak dari pagi tapi ga dimakan, jadi saya masak yang cepet tapi bergizi aja deh). Alhamdulillah pas liat brokoli, Akta seneng banget, yang dimasukin duluan brokolinya (seperti biasa)...hehe...

sayang seribu sayang, acara makan hari itu ga ada yang motret... pas makan spagheti saus tomat, abang suami malah bobo :( pas makan nasi plus telur rebus, beliau juga bobo siang :(, pas sorenya makan nasi brokoli, beliau juga lagi mandi :( hiikkss... kasian amat ya eke...

Kesimpulannya : anak sebenarnya ga minta makanan yang aneh aneh sih..cuman mereka pengen seperti kita orang dewasa. yang hari ini pengen makan bakso, eehh besok nya pengen empek" atau sate. Yup...mereka cuman mau variasi bumbu dan variasi makanan yang lain ^^. Walaupun saya tiap hari masakin Akta bahan makanan yang berbeda, tapiii bumbunya teteup BP (Bawang Putih) dan merica, lama lama di deseee bosen juga. 


saat Akta umur 8 bulan *foto lama*

Umur 8 bulan, saat belajar mencocol, dan belum dimulai lagi sekarang. Khusus mencocol, pelajaran ini harus ekstra sabarnya :(

Terimakasih sayangku Akta, sudah mengajarkan bunda tentang arti variasi  makanan. Walaupun ini simple, walaupun ini hanya sebuah masakan, yang dari awal bunda anggap remeh, tapi ternyata bunda masih harus belajar banyak untuk menjadi lebih baik.*wink*

Nb. Judulnya semi BLW...kenapa? karena, Akta dari 6 bulan sudah makan sendiri, tapi pas usia 7,5 bulan si doi minta disuapin, sehingga sampai sekarang kami suapin dia, namun saat Akta ga mau makan, maka kami tawarin dia untuk makan sendiri ^^. Nah...karena itu juga, Akta sejak awal MPASI tidak pernah makan bubur lembut... GTM ini saya kasih solusi untuk variasi menu dan variasi menu tersebut makanan padat semua (bukan nasi tim dsb). Jadi mohon maaf kalo ada yang nyangkut disini *mungkin search google* saya belum bisa kasih solusi untuk GTM anak SF (spoon feeding) yang notabene dari awal MPASI masih bubur :)
terimakasih ^^

salam,
rachma
xoxo

0 comments :

Posting Komentar

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^