Hello World : Kanzie Alhumam Abyakta

5 Maret 2013

Hello World : Kanzie Alhumam Abyakta


Sebenarnya sudah lama banget pengen nulis kisah kelahiran akta (yang ternyata sudah keduluan oleh si ayah di SINI) tapi karena belum sempatnya saya untuk ber-internet ria lama lama jadilah penulisan kisah itu tertunda ^^
hingga hari ini, iseng buka youtube dan di halaman awal terpampang "The Birth of Amelie Rose" dan jadilah aku menyaksikan proses kelahiran si Amelie Rose (dan tetep sambil ber-waah waaah). Proses kelahirannya begitu menyenangkan...keluarganya ada di sekeliling si ibu, dia tetap bisa mengontrol proses persalinannya dengan penuh senyuman, dan begitu lahir si baby langsung diletakkan di dada ibu dengan tali pusat belum terpotong... SO BEAUTIFUL...
Bisa dibilang poin terakhir itu belum sempat dilaksanakan saat kelahiran akta kemarin, hihi, next time mungkin yaa akan bener-bener minta untuk penundaan pemotongan tali pusat :)

and here is it...

tanggal 21 November 2012 jam 7 berbekal bawaan yang buanyak banget aku, mama, dan papa berangkat ke Malang naik mobil pribadi. Sebelumnya makan pagi dulu di Pak Min deket kantor :p. Kenapa tanggal 21 berangkat? karena tanggal 19 November saya sudah flek, kemudian orang tua sudah semangat aja buat jemput cucu pertamanya ini buat lahiran di Malang, hehe...
Sepanjang perjalanan, saya terus berdoa biar lahiran aja nanti di Klaten, haha...apalagi saat nglewatin daerah Bidan Kita di Klaten tetep ngomong ke adek "dek...gak mau apa lahiran disana, itu loo tempatnya ayah sama bunda main kemarin minggu" daan dianya cuman diem aja..wkwk... "ayo dong...sekarang aja lahirnya..keburu jauh nih sama Bidan Kita nya" hahaha... koplak dah eke :p .
Nah...setelah pupus harapan buat lahiran disana, aku tidur lagi, dan masuk Solo mulai berasa deh kontraksi palsunya ^^ buru buru bilang buat berhenti bilang mau BAK padahal di kamar mandi sudah nahan kontraksi sambil senyum-senyum plus jalan keliling...hehe... (karena kalau kontraksi palsu lebih baik dibuat jalan-jalan atau gerak untuk membantu menghilangkan rasa kontraksinya). nah...setelah dari Solo lanjutlah perjalanan lagi...sepanjang jalan teruus dengerin murotal qur'an...buka youtube dan pasang afirmasi positif "bayiku sehat, bayiku kuat, persalinanku lancar, persalinanku tenang, persalinanku nyaman" sampai di daerah Ngawi gemboslah ban belakang sebelah kanan...daan pas di kediri malah gembos lagi ban depan sebelah kiri... MANTEP DAH...
Apalagi saat gembos di Kediri, berhenti di tengah sawah, dikala si papa nyari tukang tambal ban, aku jalan jalan nyari tulisan "BIDAN" karena siapa tau lahiran di tengah sawah,,,wkwk *serius* tapi alhamdulillah...Akta nya pinter...gak mau lahiran ditengah sawah *hahaha*
Karena ban bocor 2x plus jalan mobilnya lumayan ga ngebut, masuk daerah Batu jam set7-an...kala itu kontraksi sudah mulai sering..aku udah mulai afirmasi teruus menerus... udah nyalain ac trus dimatiin lagi (soalnya panas trus dingin trus panas lagi) hingga akhirnya bilang ke papa
aku : "pa...begitu sampe rumah, aku langsung ganti mobil biar dianter dek ajeng ke bidan buat cek perutku ya"
papa : "looh..kamu sudah sakit perutnya"
aku : "iya sudah daritadi"
mama : "gitu gak ngomong...blaa blaa blaa" *lupa pas itu ngomong apaan yang pasti udah marah plus khawatir*
mama : "sudah, nanti langsung aja ke RS"
aku : enggak. Pokoknya stop di rumah, aku lanjut ke Bidan dulu enggak mau ke RS"
--karena memang aku belum mau untuk lahiran di rumah sakit, masih berharap untuk lahiran di Klinik yang pro-penundaan pemotongan tali pusat di Malang---
mama : gak boleh harus langsung ke RS
nah..karena sudah kontraksi sering gini jadi deh bilang "iya..nanti kalo sudah beneran bukaan aku langsung ke RS sama dek ajeng"

nah..begitulah...begitu nyampe rumah, tas langsung dipindah ke mobil yang lain, dan ajeng sudah stand by di depan garasi untuk langsung capcus ke Klinik tsbt, sepanjang perjalanan teruus aja nyanyi, dengerin musik, baca catatan afirmasiku, dan yang terpenting SENYUM.

begitu di klinik, dengan tampang penuh senyuman disambut oleh petugas disana dengan ramah, kalem, bikin tenang gitu... dan dicek sudah bukaan 5.
aku : "beneran mba?"
trus dicek lagi...
bidan : "iya mba...bermalam disini saja ya"
aku : enggak deh..nanti aja...saya mau pulang dulu
bidan : "beneran nih mba...saya takut ada apa apa nanti, mbaknya disini saja.

ingeet janjinya ke mamah yaa...jadinya meskipun didesek gitu teteup deh lanjut ke RS sambil mampir ke swalayan beli buah buat memuluskan serviks, trus biar jalan kesana kemari buat nglancarin jalan lahir..dan sebelumnya sempet bilang di mobil "adek...jangan lahir dulu ya...kalo sudah di Malang gini tunggu ayah ya... sabar ya sayang..."

dan begitu di Hermina langsung ke bidan pendaftaran dan ditanya tanya deh bukaan berapa. Namun, karena aku dari awal enggak mau bilang bukaan brapa, jadi sudah dipaksa-paksa aja sama si bidan..dan setelah dibilang bukaan 5, dia ga percaya dan membeberkan segala macam kengerian saat bukaan 5 itu seperti apa...hiks...digambarkannyalah oleh beliau dan teman-temannya itu...dan setelah itu dimulailah rasa kontraksi itu..-_-

subhanallah..kekuatan pikiran memang bisa bekerja dengan sangat baik loh...dan lingkungan lah yang membentuk pikiran kita. Sesaat setelah dijelaskan bagaimana rasa sakit itu, pikiran positifku mulai terblokir dan semua dimulai dari awal...pembukaan 1. Wow...kaget? iyah...dari pembukaan 5 jadi pembukaan 1

entah itu karena kekuatan pikiran atau karena ucapanku ke janin untuk menunggu ayahnya, tapi aku mengalami hal itu (kemunduran persalinan). Negatifnya sudah pasti yaitu rasa kontraksi yang belum bisa saya kontrol lagi. Positifnya yaitu memang persalinan ini bisa ditemanin ayahnya...haha... Tapi memang kemunduran persalinan bisa terjadi, penyebabnya bisa karena lingkungan, kekuatan pikiran, dsb... bahkan berhenti pembukaan juga bisa terjadi...

Begitu tau bukaan 1 aku minta balik ke rumah walaupun di RS sudah dilarang-larang...but trust me...disaat seperti itu, kenyamanan adalah hal terpenting jadi turuti kata hatimu...kalo mau pulang ya pulang aja...hehe... tapi ternyata saat bukaan 3 darah terus mengalir, orangtua sudah langsung antar ke RS. sampai RS disambut dengan kursi roda...ohlala...jangan laah *batinku* aku masih kuat jalan...aku mau jalan aja, jangan duduk...karena dengan jalan bisa melancarkan pembukaan, jadi kursi rodanya aku tinggal jalan dibelakangku (satpamnya melongo).

Sampai RS langsung masuk kamar persalinan, dan disuruh tiduran aja. Tapi maksud hati pengen bergaya jadilah saya berdiri di atas kasur, jongkok, berlutut, sujud, dsb mengikuti keiinginan hati. (hal ini wajar, bukan aneh ya..hehe...kalau ada yang kontraksi trus pengen bobo ya bobo aja...pengen berdiri ya berdiri aja..ikuti kata hatimu...hal ini juga bisa melancarkan persalinan). Untung saat itu aku dapat bidan yang gak jahat...coba kalo jahat pasti udah dimarah-marahin -_- tapi bidannya cuman bilang "tidur miring kiri ya mba" sambil pasang wajah sebel sambil senyum *nah lo* ..hehe..yang akhirnya aku turutin di saat terakhir.

Suami datang pagi dini hari lupa jam berapa lah itu..hehe..langsung lumayan lega pas suami datang, dan aku berangsur-angsur mulai tenang ^^ kemudian semuanyaa diambil alih oleh suami mulai dari cahaya ruangan hingga sekecil apapun yang bisa membuat saya tenang (cerita versi pak suami ada di SINI. Kemudian pembukaan lima mulai muncul jam 2 atau setengah 3-an dan disambut pembukaan 7 beberapa jam kemudian (gak lama kok). Mulai pembukaan 7 saya sudah agak tenang dan bisa berpikiran jernih, suami terus menerus memijat punggung, kaki, dsb yang membuat saya rileks, mama dan papa juga terus menerus berdoa.

Sejak pembukaan 7 pula aku sudah bisa berpikiran jernih, menyadari "mana nih yang aku pelajari, harus diterapkan sekarang juga, gak boleh kalah sama rasa sakit lagi, karena sebentar lagi udah ketemu akta" pikirku. Suami juga terus menerus menyemangati walaupun aku tau dia capek banget pagi itu. Dan..sekali lagi kekuatan pikiran bekerja...lingkungan sekitar saat itu sudah positif mendukung pembukaan persalinan, perkataan cinta dari suami, lampu yang dimatikan, kemudian hypnobirthing mulai bekerja. Aku mulai mengatur nafas (inhale exhale), dan mulai mengatur pikiran "pasti bisa...sebentar lagi pembukaan lengkap, harus menghemat energi" kemudian aku minta tolong sama mama untuk menyuapinku ketika mulutku terbuka lebar (penting ya untuk tetap makan disaat pembukaan berlangsung) dan datanglah saat untuk mengejan...

Alhamdulillah....lahir Akta 05.58 WIB dengan panjang 50cm berat 3,2kg dengan sehat walafiat, dengan tangisan yang cetar kemudian diam karena tidur lagi...hihihi...dilanjutkan IMD 1.5 jam yang sukses bobo sambil ngiler..haha...

Walaupun sedikit kecewa tidak bisa lotus birth tapi ya...namanya juga persalinan spontan..hehe... mungkin anak kedua yah yang lotus birth nanti ^^

terimakasih kepada Allah SWT yang memberikan saya kehamilan yang sungguh luar biasa nyaman, terimakasih pada keempat orang tua saya yang selalu mendoakan kehamilan serta persalinan saya, kemudian pada suami saya yang dengan sabar menunggu selama kala persalinan 1 maupun 2, dan yang tak kalah penting pada GBUS yang tak henti-hentinya menjadi tempat sharing selama kehamilan ONLINE 24 jam..hehe...terimakasih kepada ibu bidan Yesie yang berbagi ilmu

Sekarang...tongkrongan onlinenya pindah ke GESAMUN,AIMI,Homemade Baby Food,Jogja Parenting,Baby Led Weaning Indonesia, dan masih banyak lagi...hehe

Nikmati kehamilanmu...karena kalau kamu menikmati maka kenikmatan kehamilan lah yang kamu dapatkan ^^

salam,
xoxo
Rachma

2 komentar :

  1. Hai mbak Rachma, salam kenal...
    Aku lagi hamil 5 bulan dan baru berencana untuk Belanja Rumah Sakit :)
    Mau tanya gimana lahiran di Hermina ? IMD dan Pro ASI kah ? untuk rooming in apa harus di kelas 1 ? mohon infonya yaaa..
    Makasih banyak :*

    BTW, selamat untuk kelahiran dekbay-nya. Semoga selalu sehat dan jadi anak sholeh :)

    www.anantyaous.com

    BalasHapus
  2. hai mba anantya :)
    aku kemarin lahiran di hermina spontan si ya..jadi dateng langsung lahiran tanpa pesen kamar dulu,,hehe...

    untuk IMD dan pro ASI insya allah sudah sip mba..cuman u/ IMD nanti suami mendampingi ya..biar ada yang ingetin kalo mba anantya mau IMD plus mau IMD 1 jam /lebih...
    kalo untuk rooming in harus kelas 1 atau bukan aku kurang tau nih..hehe...
    coba langsung ke PMO di Herminanya...di lantai 2 deket kasir mba...

    semoga membantu yaa ^^

    BalasHapus

Terimakasih ya sudah mampir di RumahRachma. Tinggalkan komentarmu untuk postingan ini yuk biar aku seneng. LOL. Nanti akan saya BW balik yah ^^